× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Youtuber Dunia Kampanyekan Penanaman 20 Juta Pohon

By Redaksi
Jimmy Donaldson (MrBeast). Foto: Istimewa.

Profesi youtuber kini memang tengah trend. Dengan subscriber satu juta orang, penghasilan youtuber – lewat video kreatifnya – bisa di atas karyawan golongan menengah. Selain mendapatkan uang, youtuber pun bisa punya basis penggemar lewat subscriber. Mereka pun jadi punya pengaruh di mata para followernya.

Situasi ini sangat disadari betul oleh Jimmy Donaldson atau dikenal MrBeast. Youtuber asal Amerika yang dikenal dermawan. Bermodalkan jumlah subscriber yang mencapai 20 juta orang, Jimmy mengajak mereka untuk turut menangkal bahaya perubahan iklim. Upayanya dengan memakai hastag #TeamTrees mengkampanyekan penanaman 20 juta pohon yang dimulai Januari 2020 mendatang. Seruannya ini langsung viral dan menggegerkan media sosial. Sejauh ini, terkumpul donasi yang mampu untuk menanam 8 juta pohon, dan terus meningkat jumlahnya.

James “Jimmy” Donaldson alias MrBeast

“Orang seringkali menghibur yang lainnya dengan mere-tweet aktivitas mereka, tapi sebenarnya tidak melakukan sesuatu (yang bermanfaat). Kini saatnya kita membuat perbedaan,” pesan MrBeast kepada follower nya. “Jelas kami menyadari upaya ini tidak akan langsung mencegah perubahan iklim. Tapi pada akhirnya 20 juta pohon lebih baik daripada tak melakukan apapun yang hasilnya pun tak satu pun.”

Seperti dilansir dari inhabitat.com, nyaris sekitar 600  youtuber turut bergabung kampanye #TeamTrees, bahkan berikut subscriber nya. Total jumlah yang bergabung adalah 650 juta, dua kali populasi warga AS. Maisng-masing menyumbang USD 1 untuk satu tanaman. Dalam 48 jam pertama #TeamTrees diluncurkan, pada 25 Oktober inisiatif donasi ini mencapai USD 5 juta.

Semua donasi ini akan langsung disalurkan ke Arbor Day Foundation, yayasan non profit yang bergerak di bidang penanaman pohon. Dalam 50 tahun terakhir yayasan ini sudah menanam 250 juta pohon di seluruh dunia. Pohon-pohon hasil dari donasi #TeamTrees ini mulai ditanam pada Januari 2020.

Untuk meningkatkan proses penggalangan dana, kampanye #TeamTrees berkolaborasi dengan Droneseed, perusahaan layanan drone yang bisa mendesain penanaman pohon terlihat lebih cantik. Teknologi bisa dimanfaatkan untuk kebaikan sesama. Dan itu dilakukan seorang youtuber kelahiran 7 Mei 1998 bernama James “Jimmy” Donaldson alias MrBeast.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]