× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Wirausahawan Sari Kedelai dari Rumah Zakat

By Redaksi
Dok. Rumah Zakat

Cirebon – Majalahcsr. Penerima manfaat bantuan ekonomi Rumah Zakat, Nurse, kini sudah bisa menjalankan usaha secara mandiri. Setelah puluhan tahun menjadi buruh, Nurse memberanikan diri untuk keluar dari tempatnya bekerja dan mulai membuka usaha sari kedelai.

Kemampuannya membuat sari kedelai ia peroleh dari hasil membaca dan melihat video di internet. Ketika memulai usahanya tersebut Nurse rela membagikan secara gratis produk sari kedelai kepada tetangga dan warga sekitar. Dengan demikian ia bisa tahu selera pasar dan akan lebih mudah dalam menentukan harga jual.

“Alhamdulillah omzet penjualan sari kedelai saya sekarang sudah mencapai Rp15 juta per bulan,” ungkap Nurse, Rabu (12/7).

Selang tiga bulan berjualan sari kedelai, Nurse pun mendapat bantuan dari Rumah Zakat berupa modal, sarana usaha, serta pendampingan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola bisnis tersebut. Nurse mengatakan bahwa dengan bantuan dari Rumah Zakat, produksi sari kedelai semakin meningkat, dan omzet pun meningkat. Selain itu, produk sari kedelai saya bisa terdaftar dan memiliki label halal, serta dinkes.

Dok. Rumah Zakat

Kini Nurse tercatat sebagai penerima manfaat mandiri, keuntungan yang ia peroleh sudah bisa menyekolahkan anak-anaknya serta membayar karyawan. Menurut Nurse karyawan yang bekerja di rumahnya bukan hanya untuk membantu produksi sari kedelai, tapi juga untuk belajar agar kelak mereka bisa membuka usaha sendiri.

Sebagai wirausahawan baru, Nurse memang dikenal senang berbagi. Salah satu  caranya berbagi adalah dengan membuat program Sabtu Sehat. Sesuai dengan program tersebut, maka setiap Sabtu Nurse membagikan sari kedelai gratis untuk ibu hamil  dan lansia.

Bukan hanya itu, bapak dua anak ini juga rutin menyetorkan kotak infaq Rumah Zakat yang ada di rumahnya. “Sebagai rasa syukur, sedikit-sedikit saya juga ingin jadi donatur. Dulu saya yang dibantu, semoga dengan ini saya juga bisa membantu orang lain. Mohon doanya agar saya bisa istiqomah,” ungkap Nurse.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]