× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Wirausaha Salah Satu Pilihan Penyandang Disabilitas  

By Redaksi
Dok. Saujana.org

Jakarta – Majalahcsr. Penyandang disabilitas seringkali tersisih dari persaingan para pencari pekerjaan. Namun bisa diyakini, bahwa para penyandang disabilitas mampu mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang mampu mereka kerjakan dengan keterbatasannya.

Dari Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2012 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, jumlah prevalensi penyandang disabilitas sebesar 2,45% dari jumlah penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, mereka yang bekerja hanya sebesar 37,85% dan kebanyakan dari mereka bekerja di sektor pertanian.

Sementara itu kemampuan pemerintah, masyarakat, keluarga dan dukungan internasional dalam menangani penyandang disabilitas berbanding 101:1. Artinya sebanyak 101 penyandang disabilitas hanya mampu ditangani oleh 1 pemerintah dan elemen lainnya.

Dalam membantu pemberdayaan para penyandang disabilitas di Indonesia secara ekonomi, Allianz Indonesia kembali mengadakan kompetisi “Call-for-papers” (pengumpulan proposal) yang dinamakan “EMPOWERED Competition”. Kompetisi ini diselenggarakan secara terbuka bagi seluruh masyarakat di Indonesia yang memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan usaha mikro milik para penyandang disabilitas.

“Berangkat dari kepedulian terhadap masih tingginya jumlah penyandang disabilitas di Indonesia dan diperlukannya kesetaraan akses bagi penyandang disabilitas, Allianz menjalankan program EMPOWERED,” ujar Deputy CEO Allianz Life Indonesia, Handojo G. Kusuma.

Dok. Allianz Indonesia

Program ini bertujuan untuk membantu kelangsungan kewirausahaan para penyandang disabilitas, khususnya mereka yang memiliki semangat mandiri dengan menjalankan usaha mikro. Program inti EMPOWERED (EMPOWERED competition) bertujuan untuk memberikan pelatihan pengelolaan keuangan dan pendampingan kewirausahaan bagi para penyandang disabilitas yang telah memiliki usaha kecil.

Program EMPOWERED (Economic Empowerment for Entrepreneur with Disability) telah berhasil mendampingi 7 komunitas difabel  di 3 provinsi (Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta) dengan total 133 peserta.

EMPOWERED Competition merupakan bagian dari program inti EMPOWERED (Economic Empowerment for Entrepreneur with Disability) yang telah dilakukan pada Januari 2016 hingga Februari 2017 sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dari Allianz Indonesia.

Perseroan menilai, bahwa keberhasilan upaya tersebut membutuhkan lebih banyak pemangku kepentingan untuk terlibat di dalamnya. Untuk itu, melalui EMPOWERED Competition tahun ini, Allianz berupaya mengundang berbagai elemen masyarakat – LSM, komunitas penyandang disabilitas setempat, pelaku UMKM serta elemen mahasiswa yang memiliki kepedulian isu kesetaraan akses bagi penyandang disabilitas – untuk bergerak atas misi yang sama dan mengoptimalkan pengetahuan dan temuan dari program inti EMPOWERED.

“Sosialisasi EMPOWERED Competition telah digelar di tiga kota besar di Indonesia, yakni Medan, Denpasar dan Jakarta dengan lebih dari 500 peserta,” jelas Head of Corporate Social Responsibility Allianz Indonesia, Indra Yuliawan.

EMPOWERED Competition terbuka untuk umum dan periode penerimaan proposal dibuka mulai dari 27 Juli hingga 29 September 2017. Selain menanggung biaya program dari tiga proposal terbaik, Allianz juga menyediakan hadiah tambahan bagi pemenang dengan total sebesar Rp 80 juta yang dapat digunakan untuk mendukung keseluruhan biaya program yang diajukan.

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]