× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

United Way Worldwide Salurkan 160.000 Porsi Makanan Dukung Kampanye Ketahanan Pangan Nasional

By Redaksi
Pelaksanaan Progam Peduli Pangan United Way Worldwide. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – Badan amal asal Amerika Serikat, United Way Worldwide, memimpin konsorsium donasi berskala nasional dan internasional dari 3M, Community Chest of Korea (CCK), dan William and Lily Foundation (WLF) untuk mendukung peningkatan rantai pasokan makanan di Indonesia.

Situasi pangan dikhawatirkan terpengaruh pandemi COVID-19 yan penyebarannya terus meluas secara nasional. Donasi digunakan untuk membiayai lebih dari 160.000 porsi makanan siap santap, yang didistribusikan kepada masyarakat termasuk kelompok rentan.

Kontribusi United Way Worldwide dilakukan lewat kerja sama dengan William & Lily Foundation di mana mendukung gerakan Peduli Pangan Desa Kota. Gerakan #PeduliPangan berupaya membantu para petani skala kecil di desa-desa yang kesulitan menjual hasil panen akibat pandemi. Selain itu, donasi ditujukan membantu masyarakat berpenghasilan rendah di kota-kota yang tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya.

Donasi di Indonesia ini juga merupakan kali pertama bagi 3M dan CCK bekerja dengan dengan United Way Worldwide di bidang sosial. Dengan pengalaman lebih dari satu abad, sejak 1887, United Way Worldwide memahami betapa pentingnya ketahanan pangan bagi suatu negara pada situasi krisis ini.

“Kami bangga menjadi jaringan global yang dekat dengan komunitas lokal,” ucap Jose Pedro Ferrao, Presiden Internasional United Way Worldwide dalam sambutannya.

Jose menyebut, gerakan Peduli Pangan memobilisasi kepedulian masyarakat setempat untuk mendukung kesejahteraan mereka yang amat rentan. Aksi donasi dan kerja sama dengan 3M dan CCK menurutnya, menciptakan perubahan sistemik dalam rantai pasokan makanan lokal yang bermanfaat bagi petani, pekerja, dan juga keluarga berpenghasilan rendah yang terdampak COVID-19.

Sementara  Sashidharan Sridharan, Presiden Direktur 3M Indonesia, menegaskan,  kolaborasi 3M dengan Peduli Pangan Desa Kota melalui dana global, akan membantu menyediakan akses ke makanan dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang di beberapa kota di Indonesia.

“Hal ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan 3M untuk meningkatkan kehidupan melalui sains di Indonesia, di mana kami telah beroperasi selama 45 tahun,” jelas Sashidharan.

Di sisi lain, Michele Soeryadjaya, Direktur William & Lily Foundation mengajak semua pihak untuk peduli.  “Bagi kita yang memiliki kesempatan untuk berbagi, berkarya dan bersuara, marilah memanfaat kesempatan ini untuk terus menerus bekerja sama dalam membantu meringankan beban masyarakat paling terdampak oleh pandemi ini,” ajaknya.

Program Peduli Pangan ini digerakkan beberapa organisasi yang bekerja sama untuk pengadaan bahan baku, pemasaran, penyediaan relawan, dan lainnya. Dengan dukungan donasi dari United Way Worldwide, tim Peduli Pangan, HARA, Artemis Impact, dan lainnya dapat berkoordinasi untuk meningkatkan dampak.

Program kegiatan yang dilakukan mulai dari membeli bahan pangan dari petani skala kecil, bekerja dengan relawan lokal yang memasak, hingga mendistribusikan makanan sehat secara langsung kepada manula dan masyarakat berpenghasilan rendah namun tetap menerapkan “physical distancing”.

Sejauh ini, program ini telah mengeksekusi 4  dapur dan membagikan 8000 makanan kepada mereka yang membutuhkan dan berencana meningkatkan ini hingga 160.000 porsi makanan di tahun ini melalui donasi yang diumumkan United Way Worldwide, 3M, CCK, dan WLF, Selasa (21/7/2020).

Pelaksana Program Peduli Pangan mengakui, mereka yang peduli tidak seluruhnya bisa berkontribusi langsung di lapangan akibat ancaman COVID-19. Program ini pun mengundang masyarakat untuk peduli lewat #PeduliPangan Food Security di aplikasi Campaign #ForChange.

Terdapat sejumlah tantangan yang mudah dilakukan dan menyenangkan di yang pada akhirnya mendonasikan Rp 20.000,- kepada Tani Panen, Food Sustainesia, IAAS Indonesia, dan buangdisini.com. Keempatnya merupakan komunitas sosial mitra Peduli Pangan yang secara aktif meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Peduli Pangan Desa Kota adalah contoh sempurna tentang bagaimana kita semua perlu bersatu dan saling membantu untuk bertahan hidup,” kata CEO Campaign.com William Gondokusumo. Hal ini mudah dilakukan melalui aplikasi campaign yang bisa diunduh di apple store atau play store untuk pengguna android. Di dalamnya ada Program Peduli Pangan yang dimaksud.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]