banner
Dok. Kemlu
Berita

Unik, Beragam dalam Budaya dan Kuliner Indonesia

1339 views

Amman – Majalahcsr. Budaya Indonesia sangat beragam dan unik. Dari Sabang sampai Merauke, semua punya ciri khas yang bisa membuat kagum semua orang yang melihatnya.

Batik yang menjadi salah satu kekayaan pusaka Indonesia dan diakui dunia melalui UNESCO baru-baru ini dipamerka di hadapan masyarakat Yordania. Selain batik, kopi luwak dari Indonesia juga membuat Menteri Pariwisata Yordania, Linna Annab terpukau.

Annab menyesap kopi luwak sembari disuguhi peragaan busana batik Indonesia di catwalk yang dibawakan oleh Diaspora Indonesia di Yordania. Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina, Andy Rachmianto, sesekali menjelaskan jenis batik yang diperagakan dalam acara diplomasi budaya “The Richness of Indonesian Heritage: Batik Show, Accessories and Culinary” di Plaza Wisma Duta Amman, seperti yang dikutip dalam website Kemlu, Minggu (8/4).

Para hadirin yang antara lain terdiri dari pejabat pemerintah, Duta Besar negara sahabat, pengusaha, akademisi, para pecinta seni dan budaya, mendapatkan penjelasan mengenai sejarah batik dan berbagai jenisnya di  pelosok Indonesia.

Setelah pemutaran video dokumenter mengenai Batik, peragaan pertama dimulai dengan busana batik resmi dan aksesoris yang dibawakan dengan anggun oleh para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), staf KBRI Amman dan Diaspora Indonesia.

Peragaan dilanjutkan dengan busana santai yang mengadopsi perpaduan gaya otentik dan tradisional batik dalam bentuk potongan modern dan kontemporer. Peragaan kedua ini menunjukkan bahwa Batik tidak hanya dianggap sebagai warisan tradisional, namun juga dapat digunakan dalam gaya hidup modern.

Di sela peragaan busana, diselipkan penampilan tari Ondel-Ondel oleh para staf KBRI Amman, pelajar Indonesia dan buruh migran Indonesia. Para penari yang mengenakan pakaian khas Betawi dengan motif Batik, cukup menghibur hadirin yang tiada henti mengabadikannya dengan smartphone mereka.

Menteri Lina dan para undangan juga melihat secara langsung proses membatik yang diperagakan oleh DWP KBRI Amman serta mempraktekkannya langsung dalam mini workshop yang tersedia.

Pasca peragaan seni dan budaya, Dubes Andy mengajak para hadirin untuk lebih lanjut memanjakan indera sensori mereka dengan mencicipi hidangan tradisional Indonesia, antara lain sate ayam dan lontong, soto ayam, mie goreng, plus beragam jajanan pasar seperti onde-onde, dadar gulung, pastel, centik manis, risoles, dan bala- bala.

Kopi Luwak dan Teh Tradisional Khas Indonesia kali ini yang menjadi bintang kuliner. Sambil menikmati hidangan, para hadirin juga dapat melihat berbagai tayangan promosi wisata “10 Bali Baru“, termasuk wisata laut, pegunungan, peninggalan sejarah, sampai perbelanjaan.

Kegiatan promosi warisan dan budaya Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari para hadirin, walaupun diundang dalam jumlah terbatas. Diplomasi Batik dan kuliner yang disuguhkan KBRI Amman ini merupakan salah satu upaya nyata promosi budaya dan wisata Indonesia dalam rangka pemenuhan target kunjungan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia.

 

Keywords: , , , ,
banner