× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

TRI UPCYCLE Hasilkan Bandana Cantik dari Limbah Seprai

By Redaksi
Talkshow How to Become a Conscious Consumer

Banyak cara untuk terlibat aksi memelihara bumi agar lebih sustainable. Salah satunya yang dilakukan oleh TRI Upcycle. Start up yang juga berkecimpung di bisnis “socialpreneur” atau juga ecopreneur. Finalis Young Changemakers Social Enterprise ini meluncurkan seri produk baru  bernama Bali Tri Hita Karana. Nama ini diambil dari filosofi dan budaya Bali yang berarti hubungan dengan masuai lain, alam, dan semesta.

Bekerja sama dengan  campaign.com dan @america, TRI Upcycle, meluncurkan produk pada Sabtu pekan lalu (16/8/19) di Pacific Place, Jakarta yang juga diselingi talkshow. Produk kreasinya tergolong unik. Tak seperti lini fashion konvensional, TRI Upcycle hanya meluncurkan produk bandana. Tak sembarang bandana, karena materialnya berasal dari limbah seprai atau sarung bantal hotel-hotel di Bali yang masih bagus. Material yang masih layak pakai tersebut lalu disulap menjadi bandana bercorak cantik dan terlihat benar-benar baru.

Produk bandana TRI Upcycle

TRI Upcycle punya alasan sendiri memilih material tersebut. Hal ini terkait dengan visi dari start up tersebut yang turut mendukung kampanye peduli lingkungan. Seperti diketahui, produk busana melalui proses produksi yang melibatkan sejumlah zat kimia. Apabila sudah menjadi limbah, cukup sulit untuk terurai. Peluncuran produk juga diselingi talk show bertajuk “How to Become a Conscious Consumer”. Talkshow ini menghadirkan sejumlah tokoh publik, diantaranya Dominique Diyose (model dan aktivis lingkungan hidup).

Clothes Swap Party

“Anak muda harus semakin memiliki kesadaran untuk menjadi konsumen yang bijak. Mari kita sama-sama berubah demi lingkungan yang lebih baik, untuk bumi yang lebih baik. Mulai dengan hal kecil, perlahan tapi pasti, suatu saat bakal berhasil juga” ajak Dominique Diyose.

Selain talkshow yang mengedepankan kampanye bumi hijau, ada aksi yang ditujukan bagi pengunjung. Setiap pengunjung dipersilahkan membawa maksimal 3 potong busana yang masih bagus tapi tak terpakai. Busana tersebut dapat ditukar dengan 3 busana lain lainnya. Aksi yang diberi tajuk Clothes Swap Party cukup diminati oleh para pengunjung. Sejumlah pengunjung terlihat antusias untuk menukar busana yang dibawanya. Kegiatan ini bagian dari upaya penyadaran masyarakat perihal limbah pakaian yang sedikit banyak bisa mencemari lingkungan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]