× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Trailer Mungil untuk Kendaraan Listrik Anda

By Redaksi
Trailer Mini EP Tender. Foto : geek.com

Mobil tenaga listrik kini mulai banyak diperkenalkan oleh industri otomotif dunia. Selain ramah lingkungan, kendaraan ini sangat jauh dari polusi suara. Berbeda dengan mesin konvensional, getaran dan deruman mesin nyaris tak terdengar bila berkendara dengan mobil listrik. Padahal, tenaga yang dihasilkan pun setaraf dengan mesin berbahan bakar minyak fosil.

Namun bukannya mobil listrik tak punya kelemahan. Stasiun pengisian energi yang belum sebanyak bahan bakar fosil menjadi masalah. Apalagi jika kendaraannya tidak memiliki kapasitas listrik yang besar, karena pemakaian khusus sehari-hari di perkotaan.  

Dari geek.com, perusahaan start up asal Perancis, EP Tender mencoba mensolusikan masalah ini. Mereka mendesain sebuah trailer mungil yang bisa ditarik oleh kendaraan listrik kecil. Trailer itu merupakan baterai yang bisa mengisi ulang tenaga listrik mobil didepannya. Dengan trailer tersebut, ibarat ponsel dengan powerbank, kendaraan pun bisa lebih jauh dalam menempuh jarak.

Batere EP Tender memiliki daya 35kWh. Salah satu kendaraan yang diujicoba adalah Renault Zoe. Mobil ini berkapasitas batere 52kWh yang artinya dalam kondisi listrik penuh, bisa menempuh jarak 242 mil atau 400 km. Penambahan tenaga listrik 35kWh dari EP Tender bisa menambah jarak tempuh menjadi 400 mil atau sekitar 664 km.

Target perusahaan selanjutnya adalah menghasilkan mini trailer berdaya hingga 60kWh. Kapasitas yang sama dimiliki oleh Nissan Leaf Plus keluaran 2020. EP Tender sudah dijadikan pilot program di Eropa. Ada sekitar 20 kantor layanan di sana. Setiap pemilik bisa mengisi ulang baterre mini trailer mereka di kantor resmi tersebut. Selain itu, EP Tender pun menawarkan sistem sewa dengan harga tak lebih dari USD 37. Meskipun tidak disebutkan harga sewa ini apakah harian atau dalam masa sewa yang disepakati.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]