banner
Berita

TPL Bangun Toilet untuk SDN 173644

1172 views

Porsea – Majalahcsr. SD Negeri 173644 Lumban Gurning dibangun oleh pemerintah di tahun 1951, berawal dari bangunan sederhana hingga kini telah memiliki enam ruangan kelas dengan jumlah murid 150 orang. Namun sejak dibangun hingga kini SD Negeri ini tidak memiliki toilet.

Hal ini diungkapkan Sonti Sitinjak, S.Pd Kepala sekolah SD Negeri 173644 Lumban Gurning pada acara serah terima bantuan. Sebanyak tiga unit toilet dan sebuah sumur bor sebagai sumber air senilai Rp 103 Juta diserahkan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. ( TPL ) untuk sekolah SD Negeri 173644 Lumban Gurning.

Mulia Nauli, Direksi PT TPL, mengatakan, untuk mewujudkan pendidikan yang baik dan bermutu tentu harus memiliki Sumber Daya Manusia serta sarana dan prasarana yang baik. Perseroan menurutnya berusaha membantu untuk mewujudkan sarana dan Prasarana yang menopang itu.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik” tutur Mulia senin (9/10).

Sementara Sonti Sitinjak, S.Pd mengakui ketiadaan toilet dirasakan sedikit menghambat pendidikan anak sekolah. Jika hendak buang air para siswa harus mencari tempat rumput di belakang sekolah bahkan ada sebagian yang sampai pulang ke rumah masing – masing.

“Bantuan ini sangat berguna bagi sekolah kami, terima kasih dan kami harap perusahaan semakin besar dan sukses,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Bajongga Gurning, kepala desa Lumban Gurning. Bajongga menjelasakan bagaimana perusahaan telah memberikan kontribusi bagi desanya. “Saya rasa semua bantuan PT TPL di desa lumban Gurning ini sangat tepat sasaran, semua sesuai dengan kebutuhan masyarakat” ujar Bajongga.

Ramida Siringoringo, Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT TPL, menjelaskan bahwa selain bantuan sumur bor dan kamar mandi, selanjutnya PT TPL akan membangunkan saluran pembuangan air dari kamar mandi sekolah menuju areal persawahan di belakang sekolah.

“Perusahaan membangun untuk kepentingan masyarakat, semoga bantuan kamar mandi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 173644 Lumban Gurning” ujar Ramida.
Bantuan pembangunan kamar ini merupakan bantuan kedua PT TPL di desa Lumbangurning di bulan Oktober setelah sebelumnya TPL juga membantu pembangunan masjid Al-Muttaqin di desa tersebut.

banner