× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Tokyo Fast Retailing Terbitkan Laporan Keberlanjutan 2021 (Sustainability Report)

By Redaksi
Acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan 2021 Tokyo Fast Retailing. CEO dan Presiden Tokyo Fast Retailing, Tadashi Yanai (Kiri). Foto : Istimewa/Tokyo Fast Retailing

MajalahCSR.id – Tokyo Fast Retailing, Selasa (2/2/2021), menerbitkan Laporan Keberlanjutan 2021, yang mengkonsolidasikan visi perusahaan dan upaya terbaru untuk menjadi organisasi yang lebih berkelanjutan. Laporan Keberlanjutan 2021 tersebut kini tersedia di situs web Fast Retailing.

Melalui pernyataan keberlanjutannya Unlocking the Power of Clothing, Fast Retailing mempromosikan inisiatif baru yang mendukung pengembangan masyarakat yang lebih baik melalui bisnis pakaian. Di tengah gaya hidup dan kesadaran seluruh warga global yang telah berubah karena pandemi virus Covid-19, Fast Retailing kembali menerbitkan laporan tahunan keberlanjutannya, yang dimulai sejak 2006. Laporan ini menggunakan format baru yang mudah dipahami sehingga dapat mengkomunikasikan kemajuan Fast Retailing menjadi bisnis yang dapat dipercaya oleh pelanggan yang didukung visi perusahaan.

Pada pelaksanaan acara media briefing secara daring, Tadashi Yanai, Pemimpin, Presiden & CEO Fast Retailing Group, mengajak berbagai pihak untuk mewarisi generasi berikutnya dengan kondisi dunia yang positif melalui kegiatan ekonomi yang juga positif.

“Bagaimana kita mewarisi dunia yang positif untuk generasi berikutnya? Jenis kegiatan ekonomi apa yang akan membukakan jalan untuk menuju dunia yang lebih positif? Kita harus berpikir sepenuh hati menjawab pertanyaan-pertanyaan ini melalui tindakan. Dengan Laporan Keberlanjutan terbaru ini, kami berharap dapat menegaskan kembali komitmen perusahaan untuk menjadi solusi bisnis yang mampu menjawab pertanyaan tersebut,” papar Yanai.

Bagian awal laporan adalah diskusi khusus antara  Yanai dan, Ekonom dan Futurolog, Prancis Jacques Attali. Terdapat transkrip percakapan secara online selama dua jam antara Yanai dan Attali  yang dilakukanpada Oktober 2020. Isi dikusi berupa pemahaman krisis yang terjadi akibat virus Covid-19 yang mengubah perilaku masyarakat, serta bagaimana industri dapat berkembang untuk menjawab masalah tersebut.

Pada laporan tersebut juga terdapat beberapa sudut pandang lain tentang apa yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung upaya berkelanjutan. Di bagian ini ada sejumlah wawancara yang melibatkan “young founder of a fledgling environmental startup”, siswa sekolah menengah, CEO Komite Olimpiade Swedia (negara terdepan dalam hal keberlanjutan) dan juga pengungsi yang telah berhasil menggapai impian mereka.

Laporan Keberlanjutan 2021 tersebut telah mengintegrasikan pokok-pokok dari inisiatif perusahaan yang telah berlangsung selama 20 tahun. Dengan kata lain sejak pertama kali Kantor Kontribusi Sosial perusahaan didirikan pada 2001. Sejumlah kegiatan yang dilakukan diantaranya, program donasi pakaian untuk mendukung para pengungsi dan korban bencana alam di seluruh dunia, ragam upaya untuk memastikan lingkungan kerja yang aman, terjamin dan adil, serta program untuk memberdayakan dan melindungi para pekerja.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]