× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Toba Pulp Bangun Sanitasi SDN 173641 Siruar

By Redaksi
Dok. PT TPL

Parmaksian – Majalahcsr. Kesehatan dan kebersihan harus selalu dijaga, apalagi didaerah yang jauh dari tempat tinggal. Sarana mandi cuci kakus (MCK) yang memadai juga bisa menunjang kesehatan dan kebersihan, dan menjadi salah satu sasaran dari Sustainable Development Goals (SDG) nomor enam yang diadaptasi oleh pemerintah, yaitu Clean Water and Sanitation.

Sejak 15 tahun yang lalu, siswa dan guru dari SDN 173641 Siruar, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir Sumatera Selatan selalu meminjam toilet milik PAUD Kasih Ibu. Pasalnya SDN 173641 Siruar ini hanya mempunyai satu unit toilet, pun dengan ketiadaan sarana air.

Atas dasar ini, PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) memberikan bantuan pembangunan sanitasi, yakni empat unit kamar mandi dan satu sumur bor, di SD Negeri (SDN) 173641 Siruar pada selasa (14/11). Serah terima bantuan ini diberikan langsung oleh Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT.TPL, Ramida Siringoringo, kepada Jenni Jurangga, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 173641.

Dok. PT TPL

Jenni Jurangga, menyebutkan bahwa SDN 173641 telah berdiri sejak 1956 dan beliau telah menjabat sebagai Kepala Sekolah sejak 2001. Dengan bantuan dari PT TPL ini, akan sangat membantu proses kenyamanan dan kebersihan vital yang menunjang belajar-mengajar di SDN 173641, sebelumnya  pihak sekolah juga pernah menerima bantuan pembangunan tembok oleh TPL.

“Dulu kondisinya sangat prihatin karena siswa-siswi kami harus mengangkat air  terlebih dahulu ketika akan menggunakan toilet tersebut sehingga menyulitkan mereka dan harus mengantri lama. Kami mengapresiasi PT TPL dengan adanya bantuan ini seluruh siswa kami nyaman untuk ke toilet,” ujar Jenni yang bertanggungjawab atas 81 orang siswa dan sembilan orang guru ini.

Dok. PT TPL

Diana Sibuea, salah satu guru kelas dua SDN 173641 juga bersyukur karena pihak sekolah dapat bermitra baik dengan TPL, dan atas dukungan TPL dalam merespon kebutuhan anak didik dan para guru dapat diwujudnyatakan. “Kami sebagai guru dan anak didik kami akan menjaga kebersihan dan keindahan toilet tersebut agar bisa digunakan sampai jangka waktu yang lama,” ujarnya.

Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT TPL, Ramida Siringoringo, mengatakan bahwa kebersihan dan kesehatan faktor penunjang kesuksesan dalam proses belajar mengajar. “Sekolah harus memiliki toilet atau MCK yang bersih sehingga para guru dan siswa nyaman dalam menjalankan proses belajar mengajar,” ujar Ramida.

Sebelumnya, PT TPL memberikan bantuan sebanyak tiga unit toilet dan sebuah sumur bor sebagai sumber air senilai Rp 103 juta, kepada sekolah SD Negeri 173644 Lumban Gurning.

 

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]