× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Tidur adalah kebutuhan pokok agar badan kita bisa beristirahat setelah beraktifitas seharian. Namun kesibukan pada pagi hingga menjelang tidur terkadang membuat badan sangat lelah, namun tetap tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Bagaimana mensiasati hal ini? berikut adalah cara-cara tidur nyenyak yang bisa Anda coba seperti yang dilansir dalam Alodokter.com;

  • Membatasi tidur siang
    Tidur siang bisa menjadi penyebab Anda sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit. Untuk menghindari tidur siang, Anda dapat mengalihkan perhatian pada hal-hal lain, misalnya berjalan kaki, minum minuman dingin, atau mengobrol.
  • Hindari olahraga berat sebelum tidur
    Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi seringkali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik, bisa menjadi pilihan.
  • Hindari makanan berat menjelang waktu tidur
    Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Satu hal lagi, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

  • Hindari kopi atau merokok sebelum tidur
    Kopi mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, Anda bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur Anda menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.
  • Hindari bekerja, nonton TV, dan menggunakan gawai di kamar tidur
    Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa rileks. Anda juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti TV dan gawai, dari tempat tidur agar tidak tergoda berselancar di dunia maya.
  • Buatlah jadwal tidur yang tetap
    Seperti yang telah dibahas di atas, tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap akan membantu Anda tidur nyenyak. Jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

Tidur bermanfaat dalam menjaga tubuh tetap sehat. Tidur juga membantu menguatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati (mood), dan menjaga pikiran agar tidak stres.  Oleh karenanya, memperoleh tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan fisik maupun emosional. Banyak cara tidur nyenyak yang dapat diterapkan. Jika langkah-langkah di atas sudah dicoba namun masih tetap sulit untuk tidur nyenyak, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

 

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]