× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Tingkatkan Mutu SDM, MPM Group Gelar Pelatihan Mekanik dan Berdonasi

By Redaksi

Mutu pendidikan dan sumber daya manusia merupakan salah satu aspek tolok ukur kesejahteraan suatu daerah. Oleh karena itu,  diperlukan program-program pemberdayaan untuk memaksimalkan potensi dan daya saing masyarakat. Hal ini mendorong PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM Group) untuk meluncurkan program pemberdayaan masyarakat secara perdana di NTT khususnya Kabupaten Manggarai Timur. Program pemberdayaan ini dilakukan melalui kelas pendidikan mekanik di Kecamatan Borong dan donasi perpustakaan keliling di Kampung Roting, Desa Satar Kampas.

Pelaksanaan program ini dimulai rangkaian seremonial pada 29 April 2019 yang dihadiri Bupati Manggarai Timur Agas Andreas S.H, M.Hum beserta staf dan tokoh masyarakat setempat. PT MPM Group turut hadir diwakili GM CSR & Corporate Communication MPM Group Natalia Lusnita.

“Selama 32 tahun beroperasi, MPM Group berkomitmen untuk selalu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, lingkungan, juga seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami hadir di wilayah NTT khususnya wilayah Manggarai Timur untuk turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan SDM yang masih menjadi perhatian khusus pemerintah kota,” ungkap Natalia.

“Adapun program yang kami bawa yaitu kelas pelatihan mekanik dan program ‘Pustaka Keliling’ yakni layanan perpustakaan umum keliling dengan sarana motor untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan dan menikmati buku bacaan bagus,” tambahnya. Ia juga menjelaskan bahwa kedua program ini diinisasi berdasarkan hasil social mapping dan tinjauan terhadap kebutuhan masyarakat setempat.

Kelas pelatihan mekanik merupakan program lanjutan yang dimiliki salah satu anak perusahaan MPM Group, yaitu MPMulia sebagai distributor tunggal motor Honda wilayah Jawa Timur dan NTT yang saat ini memiliki 283 kantor diler. Sebelumnya, di tahun 2015 MP Mulia telah menyumbangkan peralatan mekanik roda dua sebagai sarana pelatihan untuk PKBM Permata Jaya.

Selain itu, seiring perkembangan waktu, minat anak-anak SMK setempat untuk belajar menjadi mekanik semakin tinggi sehingga di tahun ini bantuan diberikan dalam bentuk pengiriman tim trainer atau pelatih handal dari Honda. Materi pelatihan yang diberikan soal pengetahuan teori, pengenalan bentuk mesin motor dan perlengkapan servis, selain praktek langsung seperti penggantian oli dan perbaikan mesin motor. Diharapkan, para lulusan pelatihan dapat menjadi tenaga mekanik handal dan bersertifikasi. Alhasil, mereka bisa menjadi tenaga mekanik professional atau membuka usaha bengkel sendiri.

Sementara, program ‘Pustaka Keliling’ merupakan program insiatif yang diluncurkan oleh MPM Group, melalui Yayasan Mitra Pinasthika Mustika (YMPM). Program ini dilaksanakan melalui pemberian 2 (dua) buah motor Honda beserta box sebagai tempat penyimpanan buku diberikan kepada Taman Baca Reo, berlokasi di Jl. Banda Tengah yang nantinya akan beroperasi secara berkeliling di Desa Satar Kampas dan Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur. Pustaka Keliling diharapkan bisa menjangkau setidaknya 10 kampung di 2 desa tersebut.

Untuk menyempurnakan terlaksananya program tersebut, YMPM juga turut menyumbangkan 1.035 buku bacaan yang didapatkan melalui kegiatan internal perusahaan dan juga kampanye melalui media sosial perusahaan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]