× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

TIA Membangun BumDes

By Redaksi
Dok. TIA

Jakarta – Majalahcsr. Tambang PT Tunas Inti Abadi (TIA) mempekerjakan sebanyak 1.676 tenaga kerja, di mana hampir 70% merupakan masyarakat di sekitar Tanah Bumbu. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tambang, TIA juga mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Direktur PT Tunas Inti Abadi (TIA) Dadik Kiswanto mengungkapkan, salah satu program yang berhasil dengan baik adalah kerja sama pengangkutan batubara antara TIA dengan CV Panca Bina Banua (PBB). PBB merupakan konsorsium lima BumDes dari lima desa binaan TIA yaitu desa Sebamban Baru, desa Sebamban Lama, desa Tri Martani, desa Mangkalapi, dan desa Bunati.

Pada tahap awal, TIA memberikan bantuan 5 truk sebagai alat transportasi pengangkutan batubaranya ke lokasi penimbunan sementara. Berkat dukungan dan pendampingan TIA terhadap pengelolaan CV PBB, usaha milik warga ini sangat berhasil dan menjadi sumber pendapatan desa yang sangat besar. Dengan armada sebanyak 45 unit dan mengangkut lebih dari 1,3 juta ton selama setahun, CV PBB mampu memberi kontribusi hingga Rp 40-45 juta per bulannya ke setiap desa, di luar dari kontribusi masyarakat yang bekerja di TIA.

Dok. TIA

“Sebagai mitra kerja, PBB juga memenuhi standar kualitas kerja yang ditetapkan oleh TIA. BumDes ini juga menjadi sumber lapangan kerja baru bagi masyarakat di wilayah Tanah Bumbu. Kami senang karena berkat sinergi seperti ini TIA dapat beroperasi secara maksimal,” ungkapnya.

Berkat kontribusi dari CV PBB dan kegiatan usaha lain yang dikerjasamakan dengan TIA, desa-desa disekitar lokasi tambang mendapatkan dana pembangunan desa yang cukup besar. Wagiran, Kepala Desa Tri Martani mengungkapkan, desanya setiap tahun bisa mendapatkan dana pembangunan desa hingga Rp 2,1 miliar. Selain dari PBB, pendapatan tersebut berasal dari kontrak-kontrak kerja reklamasi wilayah bekas tambang yang dipulihkan menjadi area hijau.

“Kami bersyukur dengan adanya TIA kehidupan masyarakat di Tri Martani terus membaik. Selain warga dapat bekerja di tambang TIA, adanya CV PBB juga semakin menambah pendapatan dana desa untuk membangun berbagai infrastruktur di desa,” ungkap Wagiran, Rabu (26/9).

 

Keywords: , ,

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]