× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Think Before You Share!

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Jangan pernah meneruskan (share) berita yang anda dapat tanpa mengetahui sumber beritanya. Sekali anda meneruskan, dampaknya akan sangat massif.

Banyak sekali sumber berita palsu yang beredar di masyarakat, dan akan sulit bagi kita untuk menutup satu sumber karena sumber lainnya akan bermunculan. Untuk itu kita harus mengetahui bahwa sumber berita yang kita baca itu benar dalam memberitakan.

Beberapa media sosial seperti twitter telah mencoba untuk memilah akun yang ada di twitter itu adalah benar sesuai dengan deskripsi dirinya (ada ceklist biru pada akun twitter orang-orang terkenal). Namun bukan berarti semua yang mereka sampaikan adalah benar.

Fellow in Engagement Design for Jurnalism Adjunct Professor in School of Communication at American University, Maggie Farley, MA mengatakan mengenai baiknya untuk belajar critical thinking. Maksud pembelajaran ini adalah orang akan berpikir apakah berita itu benar atau bohong dengan menelusuri sumbernya, terpercaya atau tidak, juga dengan memikirkan hal lain yang terkait untuk memverifikasi kebenarannya.

“Indonesia punya masalah serius dengan fake news,” ujarnya dalam seminar terbuka MM Communication Trisakti bersama U.S Embassy di Indonesia, Jakarta pada pertengahan Oktober 2018.

Dirinya juga menyarankan agar masyarakat tidak berhenti untuk belajar. Mengingat pendidikan adalah hal yang terpenting untuk mengantisipasi terpapar berita yang tidak benar.

Analisa dari Maggie ini menjelaskan kenapa orang mau menyebarkan berita palsu. Beberapa diantaranya dimaksudkan untuk hiburan, kepentingan golongan tertentu dan lain-lain.

 

 

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]