× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Tetap Efektif dan Produktif saat Work from Home

By Redaksi
Ilustrasi Work Form Home. Foto : Istimewa/FWD

Penyebaran wabah Covid-19 yang meluas, mendorong pemerintah untuk menerapkan aturan social distancing (menjaga jarak dengan orang lain) pada masyarakat. Hal ini tentu saja guna mencegah penyebaran virus Corona yang cepat. Kebijakan Pemerintah Pusat tersebut didukung Pemerintah Daerah DKI Jakarta yang sudah mengeluarkan maklumat imbauan semua perusahaan di Jakarta untuk menghentikan sementara kegiatan perkantoran dan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH).

Meski terdengar menyenangkan, kenyataannya WFH tidak mudah untuk dijalani. Apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa bekerja dengan suasana dan situasi yang mendukung untuk bekerja dengan serius dan fokus di kantor. WFH tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, dengan suasana kamar atau rumah yang santai, ditambah dengan berbagai aktivitas rumah tangga yang harus dilakukan. Untuk membantu tetap bekerja dengan produktif dan efektif, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat WFH.

  1. Tetapkan rutinitas setiap harinya

Terapkanlah kebiasaan yang sama saat pergi bekerja. Bangun pagi, mandi, sarapan, dan persiapkan diri untuk bekerja di jam kerja yang sama seperti biasanya. Setelah itu pilih spot yang nyaman untuk mendukung suasana bekerja. Sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur, karena selain akan membuat tidak fokus bekerja, posisi duduk yang tidak benar di tempat tidur akan mengakibatkan punggung lelah dan sakit. Jangan lupa juga untuk membuat to-do-list pekerjaan setiap harinya untuk membantu menentukan skala prioritas sehingga dapat tetap fokus menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

  1. Jaga komunikasi dengan teman dan keluarga

Dengan imbauan untuk tidak bepergian ke luar rumah dan menghindari tempat ramai, tentu ruang gerak dan komunikasi atau interaksi dengan orang lain akan menjadi terbatas. Untuk tetap menjaga kesehatan emosional dan mental, bisa lewat mengobrol dengan anggota keluarga di rumah di sela-sela waktu bekerja, atau bila tinggal sendirian, hubungi teman atau keluarga. Ajak mereka untuk video call sambil mencoba efek-efek lucu ataupun conference call dengan beberapa teman sekaligus.

  1. Jangan lupa untuk bergerak!

Banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk tetap menjalankan gaya hidup aktif, antara lain latihan aerobik, skipping atau lompat tali. Apabila memiliki akses ke tangga rumah atau apartemen, naik turun tangga bisa dilakukan untuk melatih kesehatan jantung (cardio). Namun bila lebih tertarik olahraga yang tidak terlalu rumit, yoga merupakan salah satu pilihan. Yoga merupakan latihan yang menggabungkan beberapa gerakan untuk peregangan, meditasi, pernapasan, sampai relaksasi. Apalagi di tengah kondisi seperti ini, yoga tentunya dapat mengurangi stress dan meredakan kecemasan, sambil meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Makan yang teratur dan konsumsi makanan sehat

Meskipun sedang bekerja di rumah, pastikan tidak melewatkan waktu makan siang seperti biasanya. Tidak hanya itu, sebaiknya makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan seperti, jahe, buah beri, buah citrus, yogurt, dan sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  1. Tetap jaga kebersihan rumah

Sibuk bekerja di rumah jangan sampai membuat terlena dan tidak memperhatikan kebersihan. Meskipun tidak pergi ke luar rumah, tak ada salahnya selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, menyediakan hand sanitizer bisa dilakukanapabila dibutuhkan. Tak kalah penting adalah rajin mandi. Apalagi jika pulang berpergian walau sebentar. Menyemprotkan disinfektan juga dinilai ampuh untuk mencegah terpapar virus Covid-19. Semprotkan cairan disinfektan pada benda atau tempat yang sering disentuh, misalnya seperti pagar rumah, daun dan gagang pintu, smartphone, remote TV atau AC, dan sebagainya.

  1. Cari informasi selain Covid-19 untuk mengalihkan pikiran

Waspada boleh saja, tapi jangan melulu berfokus pada pemberitaan Virus Corona. Sesekali, coba alihkan perhatian dan bersantai sejenak. Contohnya, bisa mencari bacaan lain yang menghibur dan bermanfaat yang dapat Kamu temukan di passionstory.fwd.co.id atau di aplikasi FWD MAX yang dapat dengan mudah diunduh melalui Play Store atau App Store. Bisa juga dengan membuka komik online agar pikiran lebih rileks.

Bagi sebagian orang bekerja dari rumah bukan hal yang mudah dilakukan. Namun semestinya hal itu  menjadi tantangan baru untuk terbiasa, setidaknya di tengah suasana pandemi Covid-19. Jangan sampai hal tersebut menjadi hambatan menuntaskan pekerjaan sebagai kewajiban. Mari bersama-sama menjaga kesehatan dan tetap semangat dan produktif, walau harus bekerja dari rumah!

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]