× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Terbanyak di Sumatera, Pertamina Tambah Lokasi BBM Satu Harga

By Redaksi

Tahun ini Pertamina akan menambah dua lembaga penyalur BBM Satu Harga di kepulauan Nias, Sumatera. Sebelumnya, pada kurun 2017 hingga 2018, terdapat enam lokasi BBM Satu Harga di Nias, dengan rata-rata penyaluran sebanyak 400 Kilo Liter (KL) Premium dan 180 KL Solar per bulan. Dengan demikian tercatat ada 22 lokasi di Sumatera bagian Utara (Sumbagut), dan menjadikan kawasan ini memiliki jumlah lokasi BBM Satu Harga terbanyak ketiga setelah Papua dan Kalimantan.

Sejauh ini Pertamina telah mengadakan 125 lembaga penyalur BBM Satu Harga tingkat nasional, masing-masing dengan tantangannya, termasuk wilayah Sumbagut. General Manager Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki, mengungkapkan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan aksesibilitas dan ketersediaan BBM ke wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) di Sumbagut. “Moda transportasi penyaluran menggunakan moda darat dan laut. UntukĀ  moda darat, medan yang cukup berat dan kondisi keamanan di jalan merupakan tantangan yg harus dihadapi. Sehingga perlu pengamanan khusus dari TNI/Polri. Sedangkan untuk moda laut, kondisi cuaca dan ombak yang ekstrem seringkali menjadi tantangan yang harus kita hadapi,” ujar Santanu.

Tahun lalu, Pertamina MOR I menyalurkan rerata 904 KL Premium dan 865 KL Biosolar per bulan ke seluruh lembaga penyalur BBM Satu Harga di wilayah Sumbagut, yang meliputi tiga lokasi di Provinsi Aceh, lima lokasi di Sumatera Utara, enam lokasi di Sumatera Barat, satu lokasi di Provinsi Riau, serta tujuh lokasi di Provinsi Kepulauan Riau.

ā€œSebelum ada proram BBM Satu Harga, Harga BBM berkisar Rp 9.000 hingga Rp 10.000 per liter. Dengan program ini, harga BBM turun menjadi Rp 6.450 untuk Premium dan Rp 5.150 untuk Solar,ā€ imbuh Santanu. Dikatakannya, harga BBM, pada gilirannya berdampak pada geliat ekonomi masyarakat. Di wilayah Kepulauan Nias, misalnya, masyarakat Nias yang mayoritas adalah nelayan kini dapat melaut dengan biaya lebih efisien dan lancar.

Program BBM Satu Harga merupakan komitmen Pertamina untuk menyediakan energi yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di daerah 3T. Sesuai amanat UU, terutama UU Migas No 22 Tahun 2001 dan UU Energi No 30 Tahun 2007, Pertamina mendapat tugas membuka aksesibiltas dan ketersediaan serta menyediakan energi yang berkelanjutan

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]