× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Telur Ayam di Tropodo dan Bangun, Jawa Timur, Terpapar Partikel Mikroplastik

By Redaksi
Ilustrasi Sampah Plastik. Foto : reuters

Ancaman bahaya mikroplastik sudah terjadi di Jawa Timur. Tepatnya di kawasan Bangun dan Tropodo. Senyawa kimia berbahaya ditemukan dalam kandungan sejumlah telur ayam di sana. Kandungan bahan kimia itu berasal dari sisa limbah plastik yang termakan oleh ayam kampung peliharaan warga.

Limbah semacam mikroplastik diketahui bisa menimbulkan berbagai gangguan tubuh. Gangguan kardiovaskuler sampai reproduksi, penyakit kan biasanya timbul akibat masuknya senyawa tersebut ke dalam tubuh. Fakta ini disampaikan International Pollutants Elimination Network (IPEN), lembaga penelitian bidang kesehatan  lingkungan global dan kebijakan.

Seperti dilansir dari DW Indonesia, telur-telur ayam yang terkontaminasi berasal dari sejumlah ayam warga yang diketahui mencari makan di antara tumpukan sampah plastik. Di Bangun, masyarakat sana membakar sampah plastik guna mengurang volume sampah yang kian bertumpuk. Sementara di kawasan Tropodo lebih miris. Mereka menjadikan sampah plastik sebagai bahan bakar industri tahu milik sejumlah warga.  

Tumpukkan sampah plastik ini ternyata berasal dari sisa sampah impor. Limbah ini mengepung perkampungan di dua kawasan tadi.  Banjirnya sampah ini terjadi sejak China menutup kran impor sampah dari sejumlah negara di 2018 lalu. Data UN Comtrade menyebut, volume impor sampah plastik ke Indonesia di 2017 ‚Äď 2018 meningkat dua kali lipat.  

Setelah diteliti telur-telur tersebut mengandung zat berbahaya dari plastik, seperti dioksin, dan PFOS yag sulit terurai. Zat berbahaya lain yang teridentifikasi adalah bifenil poliklorinasi (PCB), dan eter difenil polibrominasi (PBDEs), parafin terklorinasi rantai pendek (SCCP) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) dalam konsentrasi yang tinggi. Bahkan zat-zat ini terdaftar sebagai bahan berbahaya yang diatur ketat dalam Kovensi Stockholm yang diratifikasi PBB.

Kandungan Tinggi Dioksin

Sejumlah peneliti melihat, kandungan dioksin yang begitu tinggi dalam telur tersebut adalah tertinggi kedua dibanding hasil studi telur di daerah Bien Hoa, Vietnam. Kawasan tersebut  diketahui merupakan pangkalan militer Amerika dimana tanahnya terkontaminasi Agen Oranye.

Artinya dengan mengonsumsi satu telur dari ayam-ayam di Tropodo, akan terpapar dioksin di atas ambang batas yang ditoleransi tubuh.  Tak hanya itu, telur dari Tropodo dan Bangun juga diketahui mengandung SCCPs dan PBDEs, bahan kimia tahan api yang digunakan dalam plastik.

Dampak Terhadap Tubuh

Lalu bagaimana dampaknya terhadap kesehatan manusia? Beberapa studi mengaitkan senyawa kimia dalam telur tersebut (dioksin) dengan beberapa gangguan fungsi tubuh, kardiovaskuler, kanker, diabetes, endiometris rahim.  

Kandungan lain semacam SCCP dan PBDEs (disebut bahan kimia tahan api), mendisfungsikan kelenjar endokrin yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi.Unsur kimiawi lain, PFOS juga memicu kerusakan sistem reproduksi dan sistem imun.

Menurut Lee Bell, penasihat IPEN, “Temuan-temuan ini menjelaskan ancaman plastik bagi kesehatan manusia. Ini seharusnya menggerakkan para pembuat kebijakan untuk melarang pembakaran sampah plastik, mengatasi kontaminasi lingkungan, dan secara ketat mengontrol impor.”

Selama ini skrap (sampah bawaan) masuk Indonesia lewat bahan daur ulang termasuk impor limbah kertas sebagai bahan baku kertas daur ulang. Volumen skrap plastik yang masuk ke Indonesia dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan dari 2 ‚Äď 10 persen, naik drastis di agka 60 ‚Äď 70 persen.

Kawasan Tropodo dan Bangun terletak di dekat perusahaan pengolah kertas (daur ulang) dimana setiap harinya mereka terpaksa ‚Äúmenerima‚ÄĚ50 ton sampah plastik per harinya.  

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]