banner
Dok. Eastbalicashew
Berita

Taman Kanak-Kanak Bagi Desa Ban

1138 views

Bali – ​Majalahcsr. Desa Ban, sebuah desa di kabupaten Karangasem, merupakan satu dari beberapa desa di Bali yang masih belum berkembang. Lokasi desa yang jauh dari pusat pariwisata membuat masyarakat tidak memiliki banyak pilihan mata pencaharian.

Sekitar 80% penduduk desa Ban merupakan petani skala kecil yang menggantungkan pendapatan mereka dari lahan pertanian kering. Sedsngkan musim kemarau di Karangasem berlangsung selama 8 bulan, yang berdampak pada minimnya hasil tani di area ini.

Dengan rendahnya aktivitas ekonomi, desa Ban masih memiliki banyak tantangan yang harus diselesaikan. Beberapa di antaranya termasuk akses terhadap air bersih, kesehatan, dan pendidikan.

East Bali Cashews, sebuah perusahaan perusahaan berbasis sosial lahir di desa Ban untuk menggerakkan ekonomi desa dengan membuka pabrik pengolahan kacang mete. Berdiri sejak tahun 2012, East Bali Cashews telah menyediakan lapangan pekerjaan bagi kurang lebih 400 penduduk desa, memberikan opsi mata pencaharian tambahan bagi masyarakat desa Ban.

Sebagai sebuah social enterprise, East Bali Cashews juga menjalankan beragam inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Ban. Inisiatif pendidikan merupakan salah satunya.

Dok. Eastbalicashew

Di tahun 2014, East Bali Cashews dengan dukungan masyarakat setempat berhasil membangun Taman Kanak-kanak pertama di desa Ban. Taman Kanak-kanak yang diberi nama AnaKardia ini menjadi sarana pendidikan usia dini yang telah dinanti selama ini.

Terletak di bagian depan area pabrik, seperti yang disebutkan dalam rilis, TK AnaKardia terbuka untuk umum meskipun kebanyakan muridnya sekarang masih anak-anak dari para pekerja pabrik. Nama AnaKardia sendiri diambil dari bahasa latin tanaman mete ‘Anacardium’ serta kata ‘anak’ dalam bahasa Indonesia.

Saat ini, lebih dari 60 murid mendapatkan pendidikan berkualitas dari guru-guru yang terlatih. Selain memberikan pendidikan formal, TK AnaKardia juga mengajarkan nilai-nilai budaya, critical thinking, pengetahuan mengenai kebersihan serta kesehatan.

Siswa-siswi TK selalu diajarkan untuk rajin mencuci tangan, menggosok gigi, serta mengonsumsi makanan sehat. Untuk memastikan hal ini, snack dan makanan sehat disediakan gratis setiap pagi, siang, dan sore hari.

Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan dari dokter spesialis anak juga rutin dilakukan agar kesehatan anak-anak termonitor dengan baik. Berbagai upaya ini dilakukan untuk mendukung masa depan anak-anak desa Ban.

Upaya ini cukup membuahkan hasil, terbukti 80 murid yang telah lulus dari TK AnaKardia kini semuanya menjadi murid berprestasi di sekolah dasar masing-masing. Pencapaian ini menggambarkan peranan penting TK AnaKardia bagi anak-anak desa Ban dan juga memberikan ilustrasi umum tentang dampak pendidikan bagi anak-anak Indonesia, terutama yang tinggal di daerah pedesaan.

Dengan memperkenalkan dan mendorong pendidikan dari usia dini, anak-anak desa dapat berprestasi dan ke depannya dapat membawa pengaruh positif untuk desanya. Inilah tujuan utama berdirinya TK AnaKardia, yakni memberikan akses pendidikan usia dini bagi anak-anak desa Ban.

Dok. Eastbalicashew

Pada bulan April lalu, TK AnaKardia tepat berumur empat tahun dan untuk memperingatinya, East Bali Cashews meluncurkan kemasan khusus AnaKardia untuk snack varian Cacao cashews, Seasalt Cashews, dan Garlic Pepper Cashews. Melalui kemasan khusus yang tergambar hasil karya dari anak-anak TK AnaKardia, East Bali Cashews ingin mendorong semangat pendidikan bagi anak-anak pedesaan di Indonesia serta memperkenalkan TK AnaKardia ke masyarakat luas.

Cast Bali Cashews berharap bahwa pencapaian inisiatif pendidikan TK AnaKardia di desa Ban dapat dijadikan contoh untuk daerah lain di Indonesia.

Dok. Eastbalicashew

banner