× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Suntory Garuda Beverage dan KLHK Gelar Program Lingkungan Mizuiku di Sekolah

By Redaksi
Penyelenggaraan Program Mizuiku di Lingkungan Sekolah. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, 22 April dan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, Suntory Garuda Beverage (SGB) menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang disebut Mizuiku. Puncak kegiatan Mizuiku ditandai penandatanganan secara resmi perjanjian kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK), Republik Indonesia dengan SGB, Kamis (29/4/2021).

Penandatanganan perjanjian dilakukan bersamaan melibatkan Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat & Pengembangan Generasi Lingkungan, BPSDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Cicilia Sulastri, dan Chief Executive Officer & President Director, SGB, Ong Yuh Hwang di lokasi berbeda merujuk pada protokol kesehatan. Kerja sama berdurasi tiga tahun ini fokus pada pembinaan generasi lingkungan hidup di sekolah, lembaga masyarakat dan komunitas di sekitarnya dalam konservasi air.

Dalam kesempatan itu, Cicilia Sulastri, mengatakan, perjanjian kerja sama tersebut sebagai bentuk keberhasilan KLHK dalam mengkomunikasikan serta mensinergikan upaya pembinaan generasi lingkungan hidup bersama pihak swasta.

“Hal ini karena pekerjaan edukasi masyarakat akan pentingnya pelestarian air bersih dan lingkungan hidup ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Kami berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas program belajar mengajar dengan memperkaya materi pembelajaran dengan modul-modul Mizuiku,” jelas Cicilia.

Sementara itu, Chief Executive Officer & President Director Suntory Garuda Beverage, Ong Yuh Hwang, menjelaskan, “Kerja sama dengan KLHK ini merupakan tonggak sejarah bagi program Mizuiku di Indonesia dan sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang peduli akan konservasi air dan lingkungan.”

Tercantum dalam dalam perjanjian kerja sama ini, menurut Hwang, pihaknya akan berkoordinasi dengan KLHK mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembinaan generasi lingkungan hidup di sekolah, lembaga masyarakat dan komunitas di sekitarnya dalam konservasi air melalui Program Mizuiku untuk mendukung Gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah).

Sebelum puncak perayaan Hari Bumi dan Hari Pendidikan Nasional melalui penandatanganan kerja sama dengan KLHK, terdapat serangkaian aktivitas Mizuiku lainnya, yaitu:

Dimulai pada 20 – 21 April 2021 dengan mengadakan pelatihan bagi 29 fasilitator terpilih, untuk meningkatkan pemahaman dan kapabilitas mereka tentang program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS), integrasi program konservasi air ke Rancangan Program Pembelajaran (RPP) dan teknis konservasi air. Jumlah fasilitator pada tahun ini meningkat dua kali lipat dibanding jumlah fasilitator pada awal program. Hal ini mengindikasikan semakin meluasnya program Mizuiku dari tahun ke tahun.

Lalu pada 21 April 2021, SGB menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk bersama-sama mewujudkan keselarasan program Mizuiku dengan gerakan PBLHS di sekolah-sekolah binaan Mizuiku di Gowa. Kesepakatan ini menjadi ‘percontohan’ PKS pertama Mizuiku dengan pemerintah daerah. PKS ini akan segera disusul dengan pemerintah daerah lainnya.

Berlanjut 22 April 2021, Suntory Japan menyelenggarakan webinar global Mizuiku yang diikuti oleh para karyawan jaringan perusahaan Suntory, termasuk SGB, untuk membahas tentang perkembangan Mizuiku di berbagai negara, arahan Mizuiku pada tahun-tahun mendatang dan mempererat silaturahmi dengan para pemangku kepentingan. Webinar diikuti oleh puluhan peserta dari Jepang, Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Kemudian pada 23 April 2021, Mizuiku juga menyelenggarakan rapat kerja dengan 29 sekolah dasar yang terpilih untuk Mizuiku 2021. Masing-masing sekolah ini sebelumnya telah menyampaikan komitmen resmi tertulis untuk melaksanakan program edukasi Mizuiku dan pelestarian air bersih di sekolah mereka. Dengan demikian, pihak Mizuiku juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan (train-the-trainer) bagi kepala sekolah dan guru, mengikutsertakan siswa dalam program Festival Mizuiku, dan menyelenggarakan sesi kelas Mizuiku beserta perangkat Mizuiku edu tools.

Diperingati sejak tahun 1970, acara tahunan Hari Bumi Sedunia ini menyatukan jutaan orang dari seluruh dunia untuk mendukung lingkungan, dan menyoroti tindakan mendesak yang perlu kita ambil untuk menyelamatkan planet kita. Mengangkat tema “Restore Our Earth,” peringatan Hari Bumi Sedunia juga menyoroti pentingnya edukasi tentang pelestarian lingkungan dan mengajak kita semua aktif berpartisipasi dalam program edukasi lingkungan.

Sementara itu, Hari Pendidikan Nasional (tema 2021: Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar) yang dilatarbelakangi oleh sosok luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara (lahir 2 Mei 1889), mengingatkan kembali betapa pentingnya peran guru dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]