× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Sun Life Indonesia Dukung Keterlibatan Komunitas Lawan Diabetes Sejak Usia Dini

By Redaksi
Sun Life Indonesia - Kontan (foto tak terkait pemberitaan)

Kasus diabetes melitus anak di Indonesia usia 0-18 tahun meningkat 700 persen selama periode satu dekade. Angka ini tentu menghawatirkan, mengingat diabetes biasanya diidap kalangan dewasa. Meski saat ini kasus diabetes pada anak masih didominasi tipe 1. Penelitian selama dua dekade terakhir bahkan menemukan peningkatan kasus diabetes tipe 2 pada usia anak dan remaja. Kasus diabetes pada anak dan remaja juga erat kaitannya dengan meningkatnya angka penderita obesitas pada anak.

Di hari anak nasonal, “Sun Life” mengajak setiap elemen masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran penyakit diabetes, melalui penerapan pola hidup sehat sejak dini – dimulai dari keluarga, komunitas dan lingkungan sekitar. Ajakan ini sejalan dengan inisiatif ‘Live Healthier Lives’ yang digaungkan Sun Life Indonesia sebagai upaya membangun masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas, sekaligus melawan penyakit diabetes.

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, menyatakan “Kasus diabetes di Indonesia, tidak bisa dianggap sepele. Pada anak, usia 5-12 tahun menjadi rentang usia kritis, di mana berdasarkan RISKESDAS 2013, 18,8% anak di usia tersebut mengalami kelebihan berat badan.” Dari 18,8% anak, 8,8% di antaranya, lanjut Elin, mengalami obesitas. Jika tidak segera ditanggulangi, di masa depan anak-anak ini berisiko besar menderita diabetes tipe 2. Sayangnya, pemahaman terkait diabetes di tengah masyarakat juga dinilai masih rendah. Berdasarkan laporan Sun Life terkait Diabetes di Asia, 68% penduduk Indonesia menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja. Padahal, gaya hidup yang tidak sehat turut menjadi faktor utama seseorang menderita diabetes khususnya tipe 2.

Penerapan pola hidup sehat sejak masa anak-anak menjadi krusial. Sebab, di periode ini pola kebiasaan anak akan terbangun, termasuk kultur makan sehat, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin. Ketika pola hidup sehat ini telah terbentuk, kesempatan untuk mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2 pun semakin besar.

Sun Life menyadari, untuk memerangi penyakit diabetes, dibutuhkan empat komponen penting yaitu kesadaran, pencegahan, perawatan serta penelitian. Untuk itu, Sun Life berupaya untuk merangkul beragam elemen mulai dari pemerintah, rumah sakit, perusahaan swasta hingga komunitas, agar secara bersama-sama dapat membantu mencegah penyebaran diabetes. Sejak 2012, Sun Life secara global telah menyediakan lebih dari CAD $22 juta (lebih kurang Rp. 231 miliar). Tujuannya untuk inisiatif perawatan, pencegahan, dan kesadaran diabetes. Jumlah dana itu menjadikannya salah satu inisiatif kesehatan komunitas terbesar dalam sejarah.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]