× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Suku Amazon Menangkan Gugatan Terhadap Perusahaan Minyak Besar

By Redaksi

Hutan hujan Amazon dikenal sebagai hutan terbesar dan terpadat di dunia. Wilayahnya yang luas dan terbentang di sembilan negara, menjadikan Amazon rumah bagi jutaan spesies hewan dan tumbuhan. Amazon juga menjadi ruang bagi kelompok-kelompok adat yang masih tersisa di dunia. Salah satunya adalah orang-orang Waorani di Pastaza. Suku asli Amazon Ekuador ini telah tinggal di hutan hujan selama beberapa generasi. Hingga datanglah ancaman dari sebuah perusahaan minyak besar.

Orang-orang Waorani tidak menyerah. Memakan waktu yang cukup lama dalam ruang-ruang pengadilan, melibatkan banyak organisasi yang peduli, akhirnya mereka berhasil melindungi setengah juta hektar wilayah leluhur mereka tersebut. Pelelangan tanah Waorani ke perusahaan minyak ditangguhkan tanpa batas waktu oleh panel tiga hakim Pengadilan Provinsi Pastaza. Beratus hektar tanah di hutan hujan Amazon itu batal ditambang untuk pengeboran minyak oleh perusahaan-perusahaan minyak besar. Kemenangan suku asli ini telah menjadi preseden hukum bagi negara-negara pribumi lainnya di seluruh Amazon Ekuador. Selain kasus Waorani, pengadilan juga menghentikan potensi pelelangan 16 blok minyak yang mencakup lebih dari 7 juta hektar wilayah adat.

Korupsi pemerintah

Hal yang menarik dicermati dari kasus tanah adat ini adalah kemungkinan terlibatnya pemerintah Ekuador untuk menumpuk kekayaan pribadi. Belum ditemukan bukti otentik, namun sejumlah orang percaya adanya kemungkinan pemerintah menerima suap dengan cara tidak langsung. Tanah yang menjadi sengketa tersebut awalnya dimaksudnya untuk dilindungi di bawah konstitusi Ekuador yang menetapkan hak-hak masyarakat adat yang tidak dapat dicabut, tidak dapat diubah, dan tidak dapat dipisahkan.

Mereka dilindungi untuk mempertahankan kepemilikan tanah leluhur dan mendapatkan keputusan bebas mereka. Konstitusi juga menyatakan dibutuhkan adanya konsultasi jika ada rencana apapun untuk mengeksploitasi sumber daya bawah tanah. Karena ada kemungkinan dampak terhadap lingkungan dan budaya pada komunitas suku. Dalam hal ini, pemerintah mengklaim telah melakukan hal tersebut pada 2012. Namun suku asli Amazon Ekuador menuduh perjanjian yang mereka buat didasarkan pada praktik penipuan yang berpihak pada perusahaan minyak. Karena itulah para hakim meminta Pemerintah Ekuador untuk melakukan konsultasi baru dan menerapkan standar yang ditetapkan oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia Inter-Amerika sebelum hal lain disepakati mengenai eksploitasi sumber daya di bawah tanah.

“Pemerintah mencoba menjual tanah kami kepada perusahaan-perusahaan minyak tanpa izin kami. Hutan hujan kami adalah hidup kami. Kami memutuskan apa yang terjadi di tanah kami. Kami tidak akan pernah menjual hutan hujan kami kepada perusahaan-perusahaan minyak. Hari ini, pengadilan mengakui bahwa orang-orang Waorani , dan semua masyarakat adat memiliki hak atas wilayah kami yang harus dihormati. Kepentingan pemerintah dalam minyak tidak lebih berharga daripada hak-hak kami, hutan kami, kehidupan kami,” ungkap Presiden Organisasi Pastoran Waorani, Nemonte Nenquimo, yang bertindak sebagai penggugat.

Kemenangan orang-orang Waorani sekaligus menjadi kemenangan besar bagi suku-suku asli di seluruh hutan hujan Amazon Ekuador. Bahkan Amazon secara keseluruhan. Kabar ini telah menawarkan secercah harapan bagi masyarakat adat dalam melindungi tanah tempat tinggal mereka dan warisan budaya mereka. Tentu saja, mereka dan masyarakat adat di dunia akan membutuhkan dukungan dari banyak pihak pada tahun-tahun mendatang seiring kemajuan ekonomi, dan mengingat kemungkinan keputusasaan dunia dalam mendapatkan sumber daya alam yang baru.

Disarikan dari Disclose TV

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]