× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Stunting yang Mendapat Perhatian Penting dari Great Giant Foods

By Redaksi
Presentasi PT Great Giant Foods Indonesia Cegah Stunting dan Obesitas Balita Lampung Tengah di Ajang PR Indonesia Award 2020, Kamis (5/3/2020). Foto : Istimewa

Sebagai negara berpopulasi terbesar di Asia Teggara, Indonesia masih terus berupaya terbebas dari ancaman stunting pada balita. Dari data yang dirilis UNICEF pada 2017 lalu, Indonesia menempati peringkat kedua terbanyak di ASEAN dalam jumlah prevalensi stunting pada 2015. Indonesia hanya lebih unggul dari Laos yang menempati peringkat pertama sebagai negara terbanyak dalam kasus stunting. Situasi ini tentu sangat miris dan memprihatinkan. Padahal Indonesia akan menyambut generasi emasnya di tahun 2045 mendatang. Selain stunting, musuh lainnya adalah obesitas anak yang juga tak kalah mengancam.

Great Giants Foods sebagai produsen makanan dan hasil pertanian di Indonesia (salah satunya pisang sunpride), berkontribusi mengatasi soal stunting dan obesitas di wilayah Lampung Tengah yang merupakan salah satu lokasi perkebunan perusahaan. Data Riskesdas, pada 2018 menunjukkan masih terdapat 25,32 balita yang masih mengalami stunting. Penderita stunting di Kabupaten Lampung Tengah yang banyak juga turut menjadi pertimbangan Great Indonesia Healthy Lifestyle Program dilaksanakan di lokasi ini.

Program dilaksanakan di 5 desa di Kabupaten Lampung Tengah, mulai dari Desa Buyut Udik, Desa Mataram, Desa Muji rahayu, Desa Gunung Batin Udik, dan Desa Ramayana. Pelaksanaan progam dilakukan mulai Juli 2019 hingga Juni 2020. Implementasi program terdiri dari pola makan (sarapan gratis, cuci tangan, aktivitas fisik), pola asuh (konseling kesehatan milenial, konseling ibu-ibu, subsidi buah dan susu untuk nutrisi), dan sanitasi (implementasi program kawasan rumah pangan letari, subsidi jambansehat, pemberdayaan masyarakat menciptakan UMKM untuk Bumdes).

Dalam 6 bulan program (Juli 2019 – Januari 2020), jumlah anak stunting bisa turun hingga 13% begitu juga penderita obesitas turun di angka yang sama di kawasan. Sementara, jumlah peserta program Great Indonesia hingga saat ini mencapai 3.095 peserta.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]