banner
Ilustrasi limbah puntung rokok di dunia dalam seminggu bisa menutupi Gedung Putih AS. Grafis : Housefresh via Inhabitat
Ragam

Studi : Dalam Seminggu, Jumlah Limbah Puntung Rokok Bisa Seluas Dua Gedung Putih

176 views

MajalahCSR.id – Tak sekedar asap, rokok kerap meresidu lingkungan dengan puntung bekas pembakarannya. Menurut sebagian orang, apalagi bagi pecinta kesehatan dan kebersihan rasanya menyebalkan ketika menemukan puntung rokok berserakkan di mana-mana. Selain tak elok dipandang, tumpukkan puntung rokok seperti halnya sampah, bisa menyebabkan gangguan pada lingkungan.

Jika berandai-andai berapa banyak sebenarnya limbah yang ditimbulkan oleh puntung rokok? Mengutip dari Inhabitat, Selasa (2/5/2022), untuk menjawab pertanyaan ini, sebuah penelitian yang dilakukan Housefresh, mengungkap hasil yang mengejutkan. Mereka mengumpulkan data dari aneka sumber dan mengolahnya jadi infografis. Hasil studi mereka memperlihatkan visualiasi limbah rokok dalam hitungan menit, harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Tim riset berupaya menggambarkannya dengan cara mudah sehingga pembaca bisa langsung memahami jumlah limbah tersebut. Sebagai contoh, dalam laporan riset itu disebutkan, “Dalam satu menit, perokok di dunia menghasilkan 8,5 juta puntung rokok, setara dengan 50 kubik meter atau ring tinju olimpiade.”

Visual berikutnya menunjukan pertambahan jumlah puntung rokok yang dikalkulasikan dalam sehari. Jumlahnya pun tak main-main, para perokok di seluruh dunia menghasilkan 12,3 miliar puntung rokok per hari yang bila ditampung memakan lahan seluas 72.522 meter kubik. Sedikit lebih besar dari luas monumen Lincoln Memorial di Amerika.

Selanjutnya, bagaimana jika periodenya dalam satu minggu? “Jika hitungannya satu minggu, jumlahnya lebih gila lagi mencapai 86,4 miliar puntung atau seukuran 509.050 meter kubik, yang bila divisualisasikan setara dengan dua Gedung Putih,” sebut laporan riset tersebut.

Puntung rokok adalah benda kecil, tapi bila dihitung jumlahnya di seluruh dunia, bisa mengisi penuh dua gedung pusat pemerintahan di AS hanya dalam satu minggu. Bagaimana dalam waktu sebulan? Hitungannya mencapai 375 miliar puntung, yang luasnya identik dengan 2.205.882 meter kubik setara dengan gedung Capitol AS. Sementara dalam setahun, para konsumen rokok di seluruh dunia bakal meninggalkan residu hingga 4,5 triliun puntung seluas 26.470.588 m3 yang mampun menutupi kawasan Central Park di New York, AS.  

Meskipun rokok terbuat dari bahan tembakau yang alami, namun puntung sigaretnya berasal dari jenis plastik yang tentu saja sulit terurai atau didaur ulang. Ini belum termasuk kandungan kimia yang masuk mencemari tanah dan air.  

banner