× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sociopreneur Juga Bisa Dapat Keuntungan

By Redaksi
Dok. Cecep

Jakarta – Majalahcsr. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia banyak ditopang oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Tidak heran kalau pemerintah berusaha untuk membantu dalam menciptakan para entrepreneur dibantu oleh pihak swasta.

Salah satu perusahaan swasta perbankan, Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya, Citi Peka (Peduli dan Berkarya), bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) mendukung bibit unggul pemuda Indonesia untuk berwirausaha. Melalui “Youth Sociopreneur Initiative” para siswa dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menyampaikan perhatian besar yang diberikan Citibank terhadap kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda “Indikator kesuksesan sociopreneur bukan hanya diukur dari jumlah profit yang mampu dihasilkan, tapi lebih jauh, seberapa besar dampak sosial yang tercipta dari usaha yang dibangun,” ujarnya saat diskusi bertajuk “Sociopreneur Talks : Social Enterprise Empowers People” yang diselenggarakan di @America, Selasa (21/8).

Salah satu SC adalah Sagasco yang berasal dari SMAN 3 Semarang.  Di kompetisi periode 2017-2018, mereka berhasil mengalahkan 34 SMA dan SMK di tingkat nasional dan terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat Asia Pasifik yang akan digelar di Filipina pada Maret 2019 mendatang.

Fokus pada sociopreneurship sekaligus ecopreneurship, Sagasco SC memulai ide bisnis yang digerakkan atas kepedulian terhadap dampak negatif dari eceng gondok di area Rawa Pening. Sagasco SC sukses memproduksi Echoes – produk alas kaki berbahan dasar eceng gondok yang ramah lingkungan dengan motif batik khas Semarang.

“Kesempatan mewakili Indonesia di ajang kompetisi bisnis Internasional menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tanggung jawab yang kami emban bersama,” ungkap M. Zinedine Alam Ganjar, siswa SMAN 3 Semarang yang menjadi President Director Sagasco SC. Dikatakannya, pencapaian ini dapat di raih berkat bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh Citibank Indonesia dan Prestasi Junir Indonesia.

Management Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menjelaskan, bahwa generasi muda yang tengah mendominasi penduduk Indonesia perlu diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas potensi diri, khususnya kewirausahaan, guna mendorong produktivitas mereka. “Bersama Citibank, kami akan terus memberikan pembinaan kewirausahaan sosial kepada pelajar SMA dan SMK di sejumlah kota di Indonesia,” tuturnya.

Saat diskusi tersebut, hadir pula para sociopreneur muda sukses sebagai narasumber diantaranya Siti Astrid (VP Public Affairs at GO-JEK), Endra Marsudi (CEO Frame a trip), selain M. Zinedine Alam Ganjar (President director Sagasco SC) tentunya.

Sejalan dengan program “Youth Sociopreneur Initiative”, Astrid pun memberikan dukungan dan pandangan dan sarannya kepada Alam Ganjar. “Lihat dulu masalahnya apa yang terjadi di masyarakat setelah itu kita cari dan tawarkan solusinya, juga jangan terlalu takut untuk gagal yang penting coba saja dulu,” ujar Astrid.

Endra Marsudi pun menambahkan selain hal-hal tersebut diperlukan juga passion supaya nyaman dalam menjalankannya. “Passion juga diperlukan supaya kamu nyaman menjalankannya, dan yang paling penting jangan berhenti untuk belajar,” tutupnya.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]