× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Sneakers Trendi Ini Berjuluk “Sepatu Vegan”

By Redaksi
Sneaker Pantone dari Cariuma. Foto : Istimewa/Inhabitat/Cariuma

MajalahCSR.id – Siapa yang gemar berpenampilan santai tapi gaya? Outfit kaos oblong, celana denim dan alas kaki sneaker biasanya menjadi padanan wajib saat beraktivitas santai.

Bicara soal sneakers, merek sepatu jenis ini sudah tak lagi terhitung jumlahnya. Namun ada satu “brand” yang cukup unik dalam pemilihan bahan baku hingga visi dan misi perusahaannya. Cariuma, produsen sneaker yang dikenal “sustainable” dan berbasis di Brasil, belum lama ini melepas seri koleksi terbarunya, Pantone.

Karena visi perusahaan yang pro lingkungan, bahan yang digunakan pun terbuat dari katun organik dan karet alami.

Sneaker Pantone dari Cariuma. Foto : Istimewa/Inhabitat/Cariuma

Pantone merupakan koleksi musim gugur dari brand Cariuma dengan tampilan aneka warna. Sneakers ini memang ditujukan buat kalangan muda atau mereka yang masih berjiwa muda. Mengutip inhabitat, warna-warna tersebut terinspirasi dari warna-warni alam dari berbagai wilayah di dunia. Sebut saja, warna jingga atau picante diakui Cariuma diambil dari padang pasir dan bebatuan di Arizona, Amerika. Sementara kelir biru diadaptasi dari warna cakrawala yang melebur ke lautan.

Warna lain mulai dari abu, putih, dan hitam serta masing-masing mewakili warna kawasan alam tertentu. Warna putih contohnya, terinspirasi dari salju puncak pegunungan Everest.

Pilihan Warna Sneaker Pantone dari Cariuma. Foto : Istimewa/Inhabitat/Cariuma

Cariuma dikabarkan merilis koleksi ini sebagai upaya perlawanan terhadap industri “fast fashion” yang dianggap berkontribusi terhadap ancaman pencemaran limbah busana. Selai mengkalim diri koleksinya berasal dari bahan alami, Cariuma menegaskan, dari setiap unit pembelian sepatu, sebagiannya didedikasikan untuk pengadaan 3 pohon yang ditanam di hutan Amazon, Brasil. Tujuannya untuk mencegah punahnya spesies alami di kawasan seperti Jacaranda, Pau-brasil-branco, Peroba, Caroba dan Murici-da-mata, akibat eksploitasi hutan yang berlebihan.

Sebagian industri fashion kekinian, memang mulai menyadari pentingnya melindungi lingkungan. Sehingga produknya tak sekedar gaya melainkan juga berbahan ramah lingkungan. Selain Cariuma, ada “brand” IBI yang mendesain sneaker dari bambu dan plastik bekas yang membuatnya lebih ringan.

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]