× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Skuter Listrik ini Tampil Elegan Berbahan Rangka Kayu

By Redaksi
Skuter Listrik ILY Ai yang Menawan dan Ramah lingkungan. Foto : Mikiya Kobayashi via Inhabitat

MajalahCSR.id – Skuter listrik yang satu ini memang bukan peruntukkan jarak jauh di jalan raya. Melainkan untuk jarak dekat dari satu lokasi ke tempat lain. Contohnya dalam kompleks perkantoran, mall, atau perumahan. Tetapi, menariknya, rangka skuter ini terbuat dari kayu, sehingga terkesan hangat dan elegan.

Skuter ini merupakan buah kerja sama dari desainer asal Jepang, Mikiya Kobayashi dan produsen otomotif Aisin, serta pabrik furnitur kayu, Karimoku. Kerja sama ketiganya membuahkan skuter listrik yang lantas diberi nama ILY-Ai. Jadi, selain menggunakan energi terbarukan, skuter ini juga berbahan baku alam yang berkelanjutan.

Skuter ini memiliki 3 roda, di mana satu roda belakang berukuran lebih kecil dibandingkan dua roda depannya. Alasan desain skuter tiga roda merujuk keterangan pabrik untuk optimalisasi keseimbangan dan mobilitas. Selain bertiga roda, skuter ILY-Ai dilengkapi kursi pengemudi yang lembut dan terbuat dari kulit, serta sensor keamanan. Dengan kelebihannya tersebut, skuter ini diklaim sangat nyaman dan mudah pengoperasiannya.    

Rangka bodinya terbuat dari kayu chestnut atau kayu kastanye, salah satu jenis kayu terkuat. Menurut sang desainer, kayu chestnut dipilih karena lebih ringan 75% dibandingkan kayu oak putih dan lebih tahan usianya. Kombinasi kayu dengan almunium dan bahan daur ulang berkualitas tinggi, melengkapi desain yang lembut dan natural dengan warna rangka kayu alami.   

Saat pengerjaan dilakukan, Kobayashi dan Karimoku mempelajari cara mencetak rangka kayu secara utuh, sementara para insinyur di Aisin mengerjakan bagian kelistrikan skuter tersebut. Teknologi listrik paling mutakhir yang disematkan dalam bodi skuter, dilengkapi sensor keamanan yang secara otomatis mematikan mesin jika mencium bahaya seketika di perjalanan. Termasuk saat pengendara terdeteksi tak fokus dalam berkendara.    

Nama-nama yang berkolaborasi di balik skuter ILY-Ai ini bukan nama kemarin sore. Mikiya Kobayashi dikenal sebagai desainer material terutama kayu yang ternama di Jepang. Bahkan kerja sama antara dirinya dengan Karimoku sudah dirintis sejak 13 tahun lalu. Sementara Aisin adalah produsen terkenal di bidang teknologi energi untuk otomotif, serta industri gaya hidup dan kesehatan. Bahkan sebagian sahamnya pun dimiliki raksasa otomotif dunia, Toyota.

 

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]