× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Siapa Sangka Penginapan Nyaman ini Terbuat dari Ban dan Botol Bekas

By Redaksi
Penginapan Earthship Ironbank, Australia. Foto : Istimewa/inhabitat.com

MajalahCSR.id – Tak mudah bagi wisatawan yang ingin tinggal di penginapan ramah lingkungan kreasi tim earthship. Jika usai pandemi ini anda kebetulan berlibur ke Ironbank, di Australia Selatan, sempatkan untuk menginap di penginapan Earthship Ironbank. Penginapan ini sangat unik, karena terbuat dari ban bekas yang dibentuk melengkung seperti kurva. Asyiknya lagi, lokasi penginapan, yang bergabung dengan virtual hotel operator AirBNB ini, berada di tengah padang pepohonan yang masih alami.

Penginapan Earthship Ironbank, Australia. Foto : Istimewa/inhabitat.com

Desain penginapan ini merupakan kreasi tim earthship yang pertama di Australia. Terbuat dari campuran material ban bekas dan juga botol-botol bekas, bangunannya merupakan hasil tangan dingin sang arsitek, Martin dan Zoe Freney. Keduanya mengaku terinspirasi dari karya Michael Reynods yang merupakan penggagas “earthship movement” beberapa tahun lalu.

Dengan bantuan sekitar 60 relawan, Earthship Ironbank mengaplikasikan bangunan ramah lingkungan, karena nyaris seluruh strukturnya terbuat dari bahan bekas pakai. Kerangka bangunan seluas 750 kaki persegi atau sekitar 228,5 meter persegi, berasal dari tumpukkan ban bekas. Dicampur dengan tanah dan semen, konstruksi bangunan dibentuk menjadi setengah lingkaran. Bila diperhatikan, bangunannya sepintas mirip rumah tinggal kaum hobbit dalam film fiksi popular Hollywood beberapa tahun lalu.

Ruang Kamar Penginapan Earthship Ironbank, Australia. Foto : Istimewa/inhabitat.com

Menurut Martin, sang kreator, dibutuhkan thermal shell untuk mengurangi kebutuhan sistem energi dan air  dalam bangunan tersebut. Para penghuni memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi. Terdapat pula pemanas air bertenaga panas matahari. Di beberapa sudut ruang, banyak ditemukan jendela untuk memaksimalkan cahaya masuk dan sirkulasi udara. Dengan begitu, ruangan bangunan tersebut tak membutuhkan banyak lampu penerangan.

Kamar Mandi Penginapan Earthship Ironbank, Australia. Foto : Istimewa/inhabitat.com

Mengutip dari inhabitat, bagian selatan struktur bangunan ditanam ke dalam tanah. Hal ini bertujuan untuk menyimpan energi panas dari bangunan. Selain itu, untuk mengoptimalkan stabilitas panas, bangunan dikelilingi oleh tanaman khusus dan kerikil. Di bagian atap terdapat sistem saluran air yang tersembunyi dengan beragam filter yang ujungnya tersambung pada penampungan air yang tertanam di dalam tanah.

Tampak Luar Penginapan Earthship Ironbank, Australia. Foto : Istimewa/inhabitat.com

Sementara itu desain bagunannya juga sangat atraktif. Jalanan setapak terbuat dari batuan alami menuju pintu utama yang berornamen warna warni botol kaca. Di dalam, terdapat lorong menuju area kebun “greenhouse” yang ditanami pohon pisang dan tanaman bermanfaat lainnya. Irigasi kebun berasal dari saluran air yang tersembunyi di atap tadi.

Penginapan yang mirip vila ini memiliki satu kamar tidur untuk dua tamu yang bisa memasak di dapur berarea terbuka. Selain nyaman, tamu juga bisa menikmati pemandangan asri padang rumput serta tumbuhan dan satwa di alam liar.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]