× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Siap-siap Pasokan Energi Baik untuk ASIAN Games

By Redaksi
Dok. Irwan Citrajaya untuk Koaksi Indonesia

Jakarta – Majalahcsr. ASIAN Games 2018 segera berlangsung. Ajang unjuk diri bagi para atlit se-ASEAN ini juga bisa menjadi ajang unjuk diri Indonesia yang digadang-gadang ingin mencapai bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025.

Bagaimana langkah pemerintah dibantu para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non Government Organisation (NGO) yang terkait. Minggu lalu, Kamis (26/7) Coaction Indonesia mengadakan diskusi bersama pihak pemerintah dan NGO serta masyarakat untuk mengetahui persiapan dalam menghadapi ASIAN Games.

Saat acara ASIAN Games 2018 ini tentunya dibutuhkan energi yang besar dan tidak terputus. Baik untuk penerangan atau apapun yang terkait acara. Kepala Sub Direktorat Investasi dan Kerja Sama Aneka Energi Baru Terbarukan, Abdi Dharma Saragih menjelaskan saat ini Indonesia mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 2 MW di Palembang dan 1 MW di Jakarta. Namun hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyalurannya karena jenis ini penyalurannya masih terputus-putus.

“Tantangannya ada di teknologi dan leg of capacity,” jelasnya.

PLTS ini juga dijamin keberlangsungan pasokannya setelah ASIAN Games. Abdi mengatakan, pengelolaanya akan menjadi Independent Power Producer (IPP)

Namun usaha ini menunjukkan komitmen Indonesia yang telah di sepakati dalam Paris Agreement untuk menurunkan emisi. Usaha lain dalam menunjukkan komitmen itu adalah gerakan nasional sejuta surya atap yang dalam waktu dekat akan ada regulasi tentang ini. Solar rooftop sendiri dipilih karena dirasa paling dekat dengan masyarakat.

Sedangkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia energi juga mengaku telah mempersiapkan sedemikian rupa untuk menjaga pasokan energi agar tetap aman selama event ASIAN Games. Hampir semua venue disuplai oleh minimal 2 sumber tegangan.

Untuk Gelora Bung Karno (GBK) sendiri ada 5 lapis sehingga jika satu bermasalah akan otomatis pindah ke yang lain. Dipersiapkan juga genset kurang lebih 30 ribu mpa. Total jumlah pasokan sebesar 33 ribu dari Jawa Bali ada 10 ribu MW yang sudah memakai energi terbarukan.

“5 ribu MW dari energi panas bumi, 1 MW dari energi air dan lainnya,” jelas GM PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asa’ad.

Pengamanannya juga sudah dipikirkan oleh PLN. 1100 personil akan disiagakan untuk menjaga gardu dan venue. PLN juga menawarkan motor listrik untuk kepentingan mobilisasi official dan atlet

 

 

Perbincangan kami di Selasa (08/01/19) siang itu berlangsung santai. Venue di kedai kopi ternama di kawasan Kuningan turut pula mendukung obrolan ringan kami. Restu Pratiwi demikian nama lengkap tokoh MajalahCSR minggu ini. Mengaku menyenangi pekerjaannya yang berhubungan dengan pembangunan kemasyarakatan. Dia tercatat pernah menjadi konsultan sosial kemasyarakatan di berbagai lembaga/organisasi, baik swasta maupun nirlaba, nasional […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]