× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sepeda Listrik Hasil 3D-printed Kantongi Green Product Award 2021

By Redaksi
Sepeda Listrik Urwahn Platzhirsch yang Menyabet Penghargaan Green Product Award 2021 Dibuat dengan Teknik Cetak 3 Dimensi. Foto : Urwhan Bike

MajalahCSR.id –Kreasi desain sepeda listrik ini sukses mengundang kekaguman banyak orang. Pabrikan sepeda Urwhan Bike asal Jerman melepas seri sepeda Urwahn Platzhirsch yang dalam pembuatannya memakai teknologi cetak 3 dimensi. Mengutip Inhabitat, karena karyanya itu, mereka mendapat sejumlah penghargaan, salah satunya Green Product Award 2021.

Sekurang-kurangnya 1.461 partisipan dari 51 negara mengikuti ajang penghargaan Green Product Award 2021. Kategorinya mulai dari arsitektur, kerajinan, gaya hidup, fesyen, lingkungan kerja, mobilitas, dan olah raga. Adapun untuk penilaian, para juri fokus pada aspek desain, inovasi, dan fitur keberlanjutan produk.  

Bagi Urwhan Bike penghargaan yang diterimanya ini seolah penebusan dari tahun 2020. Pada tahun lalu, mereka gagal meski sempat mendapat nominasi untuk desain rangka sepeda seri Urwahn Stadtfuchs. Barulah melalui seri Platzhirsch yang mengadopsi teknologi cetak 3 dimensi, mereka akhirnya sukses membawa pulang piala. Seri ini juga merupakan sepeda listrik pertama di dunia yang seluruh proses perakitannya melalui proses tersebut.

“Penghargaan Green Product Award 2021 menegaskan kembali visi kami tentang transformasi perusahaan ke depan sebagai perusahaan berkelanjutan,” terang CEO dan pendiri Urwahn Bikes, Sebastian Meinecke. Sang CEO menekankan dedikasi perusahaan untuk imbal balik komunikasi yang jujur tentang langkah keberlanjutan dengan komunitas lokal.

“Untuk alasan ini, dalam beberapa tahun ke depan, kami makin ‘menjaga jarak’ dari tempat produksi, dengan harapan bisa memberikan nilai lebih bagi warga Jerman dan Eropa terkait lingkungan,” lanjut Meinecke. “Faktanya adalah, kami tetap dalam misi keberlanjutan.”  

Perusahaan, menurut Meinecke, sudah menerapkan model bisnis berkelanjutan, yang terinspirasi dari proses ekonomi sirkular. Pabrikan juga fokus pada durabilitas dan material yang bisa dikonservasi, bersamaan dengan  pengemasan produk daur ulang dan lingkungan kerja yang etis bagi karyawan. Tak sekedar membuat sepeda untuk turut meredam emisi CO2, melainkan menggunakan material besi yang berkelanjutan di mana dapat kembali didaur ulang saat tak lagi digunakan.  

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]