× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sejauh Mana SDGs Ada di Daerah?

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Indonesia sangat luas, berbagai suku, agama, budaya ada disini. Bahkan tiap daerah pun mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga kebutuhannya pun berbeda-beda juga.

Melokalkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ke daerah tidak semudah rencana diatas kertas. Dikarenakan karakteristik yang berbeda, maka diperlukan pemahaman khusus untuk mengetahui apa yang dibutuhkan suatu daerah.

Selain peraturan-peraturan yang mendukung secara nasional, kesiapan institusi seperti faktor politik kepemimpinan daerah, sistem penganggaran dan juga keterkaitan TPB dengan rana kerja dari aparatur pelaksana untuk melaksanakan TPB juga perlu diperhatikan.

Beberapa daerah dalam acara Pelatihan Nasional, Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Membangun kesadaran TPB di Daerah yang diadakan di Jakarta, Rabu (29/8), menyatakan bahwa sasaran TPB berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Bahkan perbedaan ini membuat prioritasnya berbeda-beda juga.

Namun kebanyakan berpendapat, pengadopsian antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota berbeda. Di pemda Jateng misalnya, komitmennya sangat tinggi untuk melaksanakan TPB, “Bahkan visi dan misi pemimpin daerah kami juga sejalan dengan TPB,” ujar perwakilan dari Pemda Jawa Tengah pada acara yang digagas oleh United Cities and Local Govenments Asia Pacific (UCLG ASPAC).

Salah satu daerah timur Indonesia, Nusa Tenggara Barat (NTB) bahkan sudah membentuk SDGs center di Bapeda provinsi NTB yang menunjukkan komitmen seriusnya untuk bisa mengadopsi SDGs.

Namun di lokasi lainnya ada pemerintah daerah yang baru melaksanakan, sedang melaksanakan dan sudah melaksanakan. Meskipun demikian, bisa dikatakan bahwa tiap pemerintah daerah memiliki respon positif terhadap TPB.

Keywords: , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]