× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sebanyak Rp 150 Juta Hasil Penjualan Botol Plastik Masuk Kas Daerah Kota Surabaya

By Redaksi
Pengolahan Sampah Botol Plastik - Liputan 6

Suroboyo Bus menuai panen berlimpah. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 39 ton botol plastik berhasil mereka kumpulkan. Hasilnya, penjualan senilai Rp 150 juta masuk ke kas pendapatan asli daerah (PAD) Kota Surabaya.

Sejak dioperasikan pada 2018, Suroboyo Bus tidak mengenakan tarif kepada para penumpang. Hanya, penumpang wajib membawa botol plastik ukuran tertentu. Botol plastik yang diserahkan berupa tiga botol plastik ukuran 1.500 militer, atau lima botol plastik ukuran 600 mililiter, atau 10 gelas plastik ukuran 240 mililiter. Sebanyak 20 unit bus telah beroperasi dengan menggunakan sistem pembayaran ini.

Total berat 39 ton tersebut adalah pengumpulan botol plastik hingga Januari 2019 lalu.  Penjualan dilakukan dengan sistem lelang melalui Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN). Lelang tersebut dimenangkan oleh PT Langgeng Jaya Plastindo, perusahaan pengelola sampah plastik menjadi biji plastik.

“Karena botol plastik yang terkumpul itu sudah ditetapkan sebagai kekayaan daerah, sehingga secara otomatis botol sampah 39 ton tersebut dilelang oleh DJKN. Sistem lelang yang digunakan ini mencari pemenang dengan penawaran tertinggi. Waktu itu dibuka dari harga Rp 80 juta,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Eri Cahyadi, seperti dikutip Kompas, Selasa (12/6/2109) lalu.

Lelang botol plastik hasil pendapatan Suroboyo Bus itu baru pertama kali dilakukan. Melihat jumlah botol yang terus mengalami peningkatan, Eri optimis sistem ini cukup efektif untuk menangani dampak sampah plastik di Surabaya. “Mudah-mudahan sistem pembayaran ini (botol plastik) terus berlaku. Tiket bus dengan botol plastik ini jadi percontohan sampai internasional,” pungkas Eri.

Keywords: ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]