× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

SDN Sukadanau 05 Cikarang Sabet Penghargaan Lingkungan dari Pemprov Jabar

By Redaksi
SDN Sukadanau 05 Cikarang Raih Penghargaan Lingkungan Raksa Pradana dari Pemprove Jabar, Selasa (8/12/2020). Foto : Istimewa/Amatil Indonesia

MajalahCSR.id – SDN 05 Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat “RAKSA PRASADA” kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup Adiwiyata tahun 2020. Penghargaan diserahkan secara simbolis dan melalui sambungan daring oleh Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Selasa (8/12/2020) kemarin.

Dalam sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil mengapresiasi pencapaian yang diraih sekolah-sekolah penerima penghargaan atas kepedulian dan komitmennya terhadap lingkungan hidup. Memiliki tugas berat untuk mengubah pola pikir tentang pengelolaan lingkungan yang baik dari usia dini, diemban oleh sekolah. Maka itu, peran sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan sangat lah penting.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh sekolah yang ada di Jawa Barat, untuk meningkatkan upayanya dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup. Bagi para penerima penghargaan, saya harap akan semakin baik lagi ke depannya. Bagi sekolah yang masih belum maksimal upayanya dalam pelestarian lingkungan, harus kita evaluasi bersama agar mampu memaksimalkan perannya,” kata Ridwan Kamil dalam sambutannya.

Raihan sekolah tak lepas dari pendampingan program keberlanjutan Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia). Capaian ini tentunya sangat disyukuri oleh berbagai pihak terkait.

“Pencapaian yang luar biasa dari seluruh elemen sekolah, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua siswa, yang sudah memberikan dukungan maksimal atas keberhasilan ini,” ucap Endang, Kepala SDN 05 Sukadanau. Endang juga mengaku adanya dukungan luar biasa dari manajemen Amatil Indonesia, yang mendampingi sekolahnya sejak tahun 2017 sampai berhasil meraih penghargaan.   

Bersama satu sekolah dasar dan dua sekolah setingkat menengah pertama lainnya, SDN Sukadanau 05 mewakili Kabupaten Bekasi menjadi yang terbaik dalam bidang lingkungan hidup. Pada tahun ini total terdapat 121 sekolah yang mendapat penghargaan yang sama. Adapun penilaian yang dilakukan meliputi kebersihan, penghijauan, kurikulum, dan kelengkapan sarana prasrana yang dilakukan oleh tim verifikasi pada bulan Oktober lalu.

Dengan dicapainya prestasi kali ini, SDN 05 Sukadanau berhak mewakili Kabupaten Bekasi diajang penghargaan yang sama di tingkat yang berbeda, yaitu tingkat Nasional pada tahun 2021 mendatang.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]