× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

SCG Selenggarakan Sesi Pelatihan Mental Sehat untuk Penerima Beasiswa

By Redaksi
Para Peserta Pelatihan Mental Sehat SCG. Foto : Istimewa

MajalahCSR.id – SCG menyelenggarakan pelatihan kesehatan mental virtual bagi para penerima beasiswa Sharing the Dream kategori S1 untuk 2019 pada Minggu (15/8/2021). Pelatihan dipimpin oleh Indriyaningsih, psikolog dan konselor profesional di Yayasan Pulih. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu SCG Scholars atau penerima beasiswa untuk menjaga kesehatan mental agar tetap positif dan semangat dalam belajar di tengah situasi pandemi.

Pathama Sirikul, Presiden Direktur PT SCG Indonesia mengatakan, “SCG berupaya menyelenggarakan program pelatihan bagi para penerima beasiswa Sharing the Dream untuk membantu mereka menjaga kesehatan mental sehingga para mahasiswa ini tetap bersemangat dalam belajar dan meraih mimpi sebagai penentu masa depan bangsa Indonesia.”

Kekhawatiran pada masa depan sebagai dampak pandemi menjadi faktor yang memengaruhi kesehatan mental tak terkecuali para siswa.  Para trainer memberikan arahan pada para peserta untuk menghadapi kekhawatiran mereka menjadi energi positif. Peserta juga diminta untuk menuliskan diary berisi kekhawatiran yang dialami.

Indriyaningsih, trainer pelatihan  menyebutkan bahwa, terdapat hal yang dapat dikontrol oleh diri sendiri, yakni perilaku dan reaksi diri sendiri atas suatu hal. Namun, ada juga hal yang tidak dapat dikontrol seperti pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain. “Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang lingkaran kendali dan fokus diri, yakni kombinasi yang berkesinambungan antara mengetahui hal yang penting bagi kita, hal yang berada di dalam kontrol kita, dan aksi nyata sesuai kemampuan dan tujuan yang berarti bagi kita,” jelasnya

Para peserta juga diberikan penjelasan mengenai bagaimana menjaga kesehatan psikologis diri melalui rutinitas merawat diri dan latihan stabilisasi emosi sebagai solusi untuk mengatasi berbagai tekanan yang menjadi dampak psikologis dari pandemi COVID-19. Kemudian, peserta diminta untuk membuat rencana perubahan yang ingin dilakukan untuk hidup lebih sehat secara mental.

“Sesi pelatihan ini membuat saya semakin mengenal diri dan kekuatan saya serta memahami bahwa yang harus kita lakukan untuk sehat mental adalah berfokus terhadap apa yang dapat kita kontrol. Saya berterima kasih kepada SCG yang konsisten mendukung pengembangan diri kami sebagai mahasiswa penerima beasiswa Sharing the Dream dan telah memfasilitasi pelatihan yang sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Riki Kurniawan, Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Perairan, Institut Pertanian Bogor.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]