× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Samsung Peduli Sulawesi Tengah Dirikan Posko Memasuki Masa Pulih Bencana

By Redaksi

Tak ada yang meragukan kapabilitas Samsung sebagai vendor elektronik terbesar di dunia. Menurut periset pasar Trendforce, Februari 2018, untuk produk ponsel, Samsung diprediksikan menduduki peringkat pertama di dunia di tahun 2018 dengan market share sebesar 20,3%, di atas Apple di peringkat kedua yang berpangsa pasar 15,7%. Samsung tak hanya berprestasi di pasar konsumen, melainkan juga punya perhatian lebih pada korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Samsung Electronics Indonesia mendirikan dua posko Samsung Peduli, yaitu di Stadion Gawalise dan Jono Oge. Program ini sebagai lanjutan dari donasi Samsung yang diberikan melalui PMI pada bulan Oktober 2018 lalu. Lebih dari 2.000 pengungsi memanfaatkan fasilitas posko untuk cuci pakaian gratis dan perbaikan alat-alat elektronik yang rusak akibat bencana.

Walau bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Sulawesi Tengah sudah dua bulan berlalu, namun karena dampak kerusakannya yang besar Gubernur Sulawesi Tengah baru saja menetapkan memasuki masa pemulihan. Bencana di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September lalu merupakan serangkaian peristiwa alam yang dimulai dengan gempa-gempa kecil, sedang, dan disusul oleh guncangan terbesar 7,4 Skala Richter dengan episentrum di Kota Palu. Akibatnya terjadi tsunami setinggi tiga meter, serta likuifaksi atau pergerakan tanah yang meluluhlantakkan bangunan dan terputusnya akses transportasi dan komunikasi.

Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 1 November menyebutkan sebanyak 2.087 jiwa meninggal dunia, 4.438 luka-luka, 1.084 orang dinyatakan hilang, 68.451 unit rumah mengalami kerusakan dan menyebabkan 206.494 orang mengungsi di 122 titik. Selain itu terjadi pula kerusakan fasilitas umum, yaitu 327 tempat ibadah, 265 unit sekolah, tiga Rumah sakit, 78 unit perkantoran, serta tujuh jembatan.

Pada Oktober 2018 Samsung telah mendonasikan Rp. 7,5 milyar melalui PMI. Disusul pada 19 November 2018 lalu Posko Samsung Peduli mulai memberikan layanan berupa cuci pakaian gratis, perbaikan alat elektronik Samsung yang rusak akibat bencana, pusat telekomunikasi, sarana hiburan, fasilitas edukasi untuk anak-anak, serta dapur umum. Setelah beroperasi selama 11 hari, tercatat Posko Samsung Peduli telah memberikan layanan mencuci hingga 5.224,3 kg atau 21.791 potong pakaian serta 8.040 paket makanan.

 

 

 

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]