× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Samsung Employee Volunteer Program: Berdayakan Kreativitas Warga Kamal Muara

By Redaksi
Samsung Global Volunteering Month di Kampung Pelangi Muara Karang Jakarta Utara. (Foto: Media Relation Samsung Indonesia).

Karyawan Samsung Electronics Indonesia bersinergi dengan konsumen pengguna Samsung secara sukarela melatih konten digital warga dan menghias Kampung Pelangi, Kamal Muara menjadi tujuan wisata.

Bertepatan dengan Samsung Global Volunteering Month (GVM) Samsung Electronics Indonesia (SEI) kembali gelar aksi sosial. GVM adalah agenda aksi sukarela karyawan tahunan dengan memberi waktu, tenaga maupun keahlian mereka untuk memajukan komunitas warga di Indonesia.

Memperingati 50 tahun Samsung Electronics internasional yang jatuh pada 1 November 2019, SEI  mengajak komunitas Samsung Member melakukan aksi sosial bersama karyawan di kampung nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.  Kampung ini dikenal sebagai ‘Kampung Pelangi’. Program yang dilakukan GVM di sini meliputi mural painting. Tujuannya untuk mengembalikan warna-warni rumah di Kampung Pelangi. Selain itu juga ada pelatihan digital dan pemanfaatan sosial media untuk usaha bagi para ibu PKK dan Karang Taruna. Ada pula donasi produk Samsung Smart TV dan tablet-tablet berisi e-book. Perangkat ini dimanfaatkan untuk membuat konten menarik untuk turis agar datang ke Kampung Pelangi.

“Kami memfasilitasi karyawan kami untuk berpartisipasi dalam aksi sosial dan berkontribusi langsung kepada masyarakat. Sudah lima tahun secara konsisten kami melakukan aksi sosial karyawan, dan kali ini bertepatan dengan hari jadi ke-50 Samsung Electronics di dunia. Yang menarik, kali ini kami juga mengajak para user Samsung dari komunitas Samsung Member untuk membantu warga  Kampung Pelangi, Kamal Muara, Jakarta Utara. Pemukiman nelayan ini berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata, sebagai bagian dari Kota Tua seperti yang dicanangkan pemerintah daerah,” papar Vice President Samsung Electronics Indonesia, KangHyun Lee.

“Pelatihan digital yang diberikan juga kami harapkan dapat bermanfaat bagi warga untuk mengembangkan dan menjual kerajinan tangan mereka melalui sosial media. Sementara karang taruna dapat membuat konten viral memperlihatkan keindahan Kampung Pelangi agar meningkatkan jumlah pengunjung,” lanjut Lee.

Program Samsung GVM merupakan inisiatif filantropi dari Samsung secara global, yang setiap tahunnya diikuti lebih dari 1.500 karyawan Samsung di seluruh dunia. Tujuannya untuk menyentuh banyak kehidupan melalui program-program kemasyarakatan yang berbeda-beda. Tahun ini, ada 65 peserta yang terdiri dari karyawan dan konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member yang terlibat dalam kegiatan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]