× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Sampah Jadi Berkah Ala Pertamina EP Tarakan

By Redaksi
Pertamina EP Tarakan Olah Minyak Jelantah Jadi Biodiesel di Ajang PR Indonesia Award, Kamis (5/3/2020). Foto : Istimewa

Banyak yang menilai sampah identik dengan kotor dan sumber penyakit. Bisa jadi benar dan bisa jadi keliru. Karena bagi yang berpandangan sebaliknya, sampah adalah berkah yang bisa bernilai rupiah.

Persoalan sampah tak melulu urusan kota metropolitan semacam Jakarta. Di kota manapun di Indonesia sampah acapkali jadi masalah. Tak heran, Kota Tarakan, kota di pulau kecil di Kalimantan dekat perbatasan Sabah Malaysia, punya persoalan sama soal limbah.

Fasilitas tempat pengumpulan sementara (TPS) sampah yang hanya 50 unit, turut mempersulit pengurusan gelombang sampah di Kampung Enam, Kota Tarakan  yang per hari mencapai 60 ton. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap pengolahan sampah, belum adanya kelompok pengelola sampah yang bernilai ekonomi, serta belum adanya Perda pengelolaan sampah, kian memperburuk keadaan. 

Sejak 2016, PT Pertamina EP Tarakan mengedukasi masyarakat Kampung 6 Kota Tarakan untuk memanfaatkan sampah yang mengganggu kota mereka. Salah satu program yang menarik adalah mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel. Minyak jelantah yang biasanya dibuang, kembali bisa dimanfaatkan. Selain biodiesel, bersama warga, PT Pertamina melakukan inovasi pembuatan bioethanol dari rumput laut.

Dalam persentasi yang dilakukan di ajang PR Indonesia Award 2020, PT Pertamina EP Tarakan berhasil berinovasi dari limbah menjadi berbagai produk (biodiesel, sabun, dan bahkan bioethanol) yang manfaatnya dikembalikan kepada warga Kampung Enam di Tarakan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]