× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sambut Hari Kesehatan Sedunia Tetap Bugar dan Terapkan “ABCDE” Saat #DiRumahAja

By Redaksi
Ilustrasi Latihan Lateral Raise. Foto : Istimewa

World Health Day (Hari Kesehatan Sedunia) yang jatuh pada setiap 7 April, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan tubuh yang juga menjadi perhatian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO / World Health Organization). Untuk tahun 2020 ini, World Health Day menyorot pekerjaan para perawat dan bidan, dan mengingatkan para pemimpin dunia akan peran penting peran paramedis dalam membantu menjaga kesehatan warga dunia.

Saat dunia dilanda pandemi Covid-19, para tenaga medis termasuk perawat berada di garis depan penanggulangan wabah virus Corona. Kita semua memiliki peran dalam membantu para dokter dan perawat menurunkan penyebaran virus Corona dengan tetap tinggal #DiRumahAja. Selain itu terapkan pula physical distancing agar memutus rantai pnyebaran wabah ini. Jangan lupa saat #DiRumahAja tetap berolahraga agar tubuh tetap fit dan juga mengonsumsi makanan bergizi.

Tetap Bugar Saat #DiRumahAja

Walaupun kita menerapkan karantina diri, kita bisa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, meskipun sedang tidak bisa ke gym.

Beragam gerakan ringan sampai berat bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan rumah:

  • Lakukan plank sambil menunggu air mendidih untuk bikin teh.
  • Lakukan squat saat iklan TV muncul. 1 menit lumayan untuk melakukan squat.
  • Renggangkan Badan setelah selesai video call dengan client atau rekan kantor.
  • Di pagi hari, pasang lagu favorit yang upbeat dan menarilah dengan intensif. Anda juga bisa mengajak anak-anak di rumah untuk ikut menari sebelum mereka harus mengikuti virtual class bersama guru dan teman sekolah mereka.
Ilustrasi Latihan Plank Saat #Dirumahaja. Foto : Istimewa

Perlengkapan rumah tangga juga bisa digunakan untuk menggantikan peralatan gym:

  • Bicep curl menggunakan galon kecil
  • Wood Chop dengan toples makanan
  • Lakukan gerakan shoulder press dengan produk susu atau minuman lain yang cukup berat
  • Lateral raise menggunakan produk susu atau minuman lain yang cukup berat

 Terapkan “A B C D E” dalam Menyusun Menu Makanan

Yang tak kalah penting adalah konsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan yang sehat agar tubuh tetap fit. Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik. Namun mengingat situasi di mana kita mungkin belum bisa leluasa pergi ke pasar atau supermarket untuk pangan yang segar, maka makanan beku, siap saji dan kaleng bisa menjadi opsi. Yang perlu diperhatikan adalah melihat sumber makanan tersebut. Misalnya, dalam hal memilih susu UHT, teliti dan lihat terlebih dahulu apakah susu UHT tersebut berasal dari susu segar.

Terdapat 5 hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari yang dirangkum oleh Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD dalam rumus ABCDE berikut:

Adequacy: Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga.

Ilustrasi Latihan Squat Saat #Dirumahaja. Foto : Istimewa

Balance: Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 15-20% protein.

Calorie control: Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebih.

Density of nutrition: Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.

A bit of Everything: Usahakan  variasi dalam menu makanan sehari-hari.

Cermat dalam Memilih Dairy Products

Salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah susu. Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik, termasuk susu dan produk olahan susu (dairy products). Jika memungkinkan, sebaiknya konsumsi susu segar. Namun, jika kurang memungkinkan dan ingin memilih susu UHT misalnya, telitilah kandungan susu UHT tersebut dan yakinkan bahwa terbuat dari susu segar hasil pasteurisasi.

Susu segar dari peternakan Greenfields telah melewati proses pasteurisasi untuk menghancurkan pathogen, spora, mikroorganisme yang tidak baik. Susu yang telah dipasteurisasi membantu untuk menjaga kualitas susu segar dengan menghancurkan mikroorganisme pembusukan dan enzim-enzim. Pasteurisasi juga dapat mempertahankan nutrisi yang baik dari susu segar dan tidak menjadi basi secepat susu segar yang tidak dipasteurisasi.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]