banner
Berita

RUU CSR Berpotensi Dibatalkan

798 views

Jakarta – MajalahCSR. Rancangan Undang-Undang Corporate Social Responsibility (RUU CSR) berpotensi gagal terbit. Naskah RUU yang saat ini telah berada di Badan Legislatif (Baleg) masih bisa dibatalkan, dengan syarat.

“Syaratnya adalah Komisi 8 mengajukan pembatalan untuk pengesahan RUU CSR,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Rahayu Saraswati D. Djojohadikusumo di Jakarta, rabu (14/12).

Namun agar komisi 8 setuju, diperlukan berbagai pendekatan, utamanya kepada ketua fraksi mayoritas. Menurutnya, jika ketua fraksi setuju untuk membatalkan, otomatis anggota fraksi lainnya akan menurut.

Saras menjelaskan, RUU ini sebenarnya adalah limpahan dari masa kepengurusan sebelumnya. Walaupun pihaknya yang berada di komisi 7 tidak mengajukan kepada Baleg, ternyata ada seseorang atau pihak tertentu yang bisa meloloskan RUU tersebut. Jika saja pembahasan RUU ini tetap berada di komisi 7, bukan di komisi 8, Ia yakin RUU ini tidak akan lolos.

Cucu dari konglomerat Djojohadikusumo ini juga mempersilahkan pihak-pihak yang mempunyai kenalan di Komisi 8 untuk melakukan pendekatan agar RUU CSR yang banyak dikeluhkan oleh para pengusaha ini batal disahkan. Ia sendiri berjanji akan mendukung dari dalam  DPR.

Sementara itu anggota KADIN, DR Suryani Sidik Motik menolak anggapan bahwa pengusaha tidak mau diatur. Mengingat selama ini pengusaha sudah memenuhi aturan mengenai CSR dan dampak lingkungan yang ada dalam peraturan Perusahaan Terbatas (PT).

 

banner