× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Roca dan Cinta Lingkungan

By Redaksi

Kian langkanya ketersediaan mata air bersih adalah persoalan global yang mengancam. Dari data yang diperoleh sebanyak 13% populasi di seluruh dunia, kekurangan pangan karena wilayahnya kekurangan air. Sementara 663 juta orang kesulitan akses air bersih, dan 2,4 miliar penduduk bumi tidak punya sistem sanitasi standar. Roca, produsen sanitasi dan perlengkapan toilet ternama di dunia menyadari hal ini. Bekerja sama dengan yayasan We Are Water Foundation, Roca berupaya membantu masyarakat di berbagai belahn dunia mengakses air bersih. Di Indonesia, Roca bersama We are Water Foundation membantu masyarakat Kapaka, Madeta, Kepulauan Sunda Kecil, Nusa Tenggara mendapatkan air bersih.

Produsen sanitary dan kamar mandi asal Spanyol ini sudah mengintegrasikan faktor keselamatan lingkungan dalam produk dan prosesnya. Terdapat 4 solusi perusahaan terkait Sustainability Solutions. Yang pertama adalah Enviromental-Friendly Products, lalu Sustainable Processes, Certified System, dan Commitment and Social Action. Keempatnya sudah menjadi bagian penting dari operasional perusahaan.

Dalam acara media gathering Roca di booth pameran Indonesia Building Technology 2019, Indonesia Convention Exhibition, Jakarta, Tangerang (20/03/19) dipaparkan berbagai produknya yang sangat ramah lingkungan. Dalam sambutannya, Emilio Ferrer, Operations Director Roca Indonesia, mengatakan,”Roca menyadari pentingnya melindungi dan meningkatkan kualitas lingkungan. Karena itu, kami ingin memperkenalkan berbagai produk yang ramah lingkungan.”

“Komitmen utuk melastarikan lingkungan membawa kami pada pengembangan solusi hemat air dan energi,” tegas Emilio. Produk Roca sendiri sudah terdaftar dalam Green Directory Indonesia sebagai Green Product. Setiap toilet rata-rata menghabiskan 4- liter untuk flushing. Namun Roca dengan teknologinya hanya butuh 2 liter air saja. Dalam proses pembuatan produknya, Roca mampu menghemat air 4,59 % dari produk lain. Penerapan material bahan yang menggunakan 90 % recycle dalam prosesnya.

Pemakaian bahan bakar gas dalam produksi pun mampu dihemat 4,6%, dan konsumsi listrik 14,6 %. Kemajuan efisiensi ini setidaknya mampu menekan emisi 52,750 ton CO2 ke atmosfir. Sementara Roca sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bersifat community development. Salah satunya “One Day Design Challenge” yang diadakan di berbagai kota di dunia. Indonesia akan mendapatkan kesempatan menggelar program ini pada 13 September 2019 nanti. Program kompetisi ini diperuntukan bagi siswa arsitektur dan desain di bawah usia 30 tahun.

Pada November 2018 lalu, Roca bahkan menyelenggarakan jumpthegap® (talk) pertama di Indonesia. Acara ini diinisiasi oleh Roca International Design Contest jumpthegap®. Acaranya menyatukan para pakar terkemuka, guna menyebarkan pengetahuan terkait arsitektur dan desain dari seluruh dunia. Roca yang baru saja memiliki showroom di Senopati, Jakarta serta pabrik 7,4 ha di kawasan Industri Cikupa, Tangerang, selalu berupaya peduli pada lingkungan dan manusianya. Karena Roca tidak bisa terlepas dari kedua hal ini.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]