banner
Dok. Astra
Berita

Riza : CSR Itu Tanggung Jawab Pada Lingkungan dan Stakeholder

1833 views

Jakarta – Majalahcsr. Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih kekinian dengan sebutan Corporate Social Responsibility (CSR) seringkali diartikan sebagai bagi-bagi uang. Padahal jika diartikan seperti itu merupakan kesalahan besar.

Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Riza Deliansyah menjelaskan bahwa CSR merupakan tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan, juga stakeholder. Namun masyarakat juga berperan penting untuk mewujudkan tanggung jawab kepada lingkungan tempat tinggalnya.

“CSR bukan berarti bagi-bagi uang ke masyarakat,” ujarnya saat acara buka bersama Astra bersama media, Senin (21/5).

Menurutnya, CSR juga diartikan sebagai tangung jawab yang dimiliki oleh perusahaan kepada seluruh stakeholdernya. Contohnya menjaga silaturahmi dan hubungan baik kepada media sebagai stakeholder Astra dengan mengadakan acara buka bersama.

Dok. Astra

Riza menjelaskan, sesuai dengan catur darma Astra, yaitu menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kedua, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ketiga, menghargai individu dan membina kerjasama. Darma keempat, senantiasa mencapai yang terbaik.

Tidak hanya karyawan bagian CSR saja yang merasakan program CSR Astra, namun karyawan Astra di bidang lain juga diajak untuk merasakan kegiatannya. Misalnya pada acara di Kupang, karyawan diajak mengajar anak SD disana.

“Para karyawan jadi tergugah rasa kemanusiaannya, selain itu rasa lebih memiliki kepada Astra lebih besar,” tuturnya.

Beberapa program CSR Astra juga berkesinambungan satu sama lain. Contohnya saat program pelestarian buah-buahan langka. Hasil dari pelestarian tersebut akan ditanam ke Kampung Berseri Astra.

Selain itu, Astra juga berencana untuk mempekerjakan 1% difabel dari seluruh pekerja yang ada yaitu 219.715 karyawan pada 215 anak perusahaan. Namun saat ini baru terlaksana 50 orang.

Dok. Astra

Keywords: ,
banner