× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

RENS, Sepatu Tahan Air dari Pahitnya Kopi

By Redaksi
RENS, Sepatu Tahan Air dari Pahitnya Kopi. Foto : Rens Original Via Youtube

Sebuah kabar menarik datang bagi para pecinta sepatu. Pasalnya, sebuah perusahaan sepatu yang berasal dari Helsinki, Finlandia dikabarkan tengah menciptakan sebuah sepatu inovatif tahan air dan ramah lingkungan yang terbuat dari limbah kopi pertama di dunia.

Dilansir dari Inhabitat, sepatu yang diberi nama RENS ini diciptakan untuk mewakili perubahan positif di industri sepatu. Nama RENS sendiri berasal dari beberapa bahasa yang berarti apa saja yang bersih dan rapi hingga terasa luar biasa. Dengan tujuan tersebut, sneaker RENS dibuat dengan bahan yang berkelanjutan seperti kopi daur ulang dan dipastikan memiliki kualitas yang dapat dihargai semua orang.

Setiap pasang sepatu RENS terdiri dari campuran benang kopi (dari ampas kopi bekas) dan bahan polyester daur ulang (dibuat dengan plastik pasca-konsumen). Adapun bagian atas rajutan, lapisan dalam, dan sol yang dapat dilepas semuanya dibuat dari benang yang dibuat dari bubuk kopi.

Menurut perusahaan, masing-masing pasangan sepatu setara dengan 21 cangkir kopi dan enam botol plastik. Selain itu, tidak ada satupun bahan hewani yang digunakan dalam membuat sepatu RENS.

“Tidak dapat dipercaya bagaimana perusahaan raksasa menghasilkan jutaan produk yang tidak berkelanjutan, menggunakan bahan yang tidak berkelanjutan dan melakukan upaya yang sangat sedikit untuk mengurangi dampaknya,” kata CEO Jesse Tran.

Dilengkapi dengan fitur AquaScreen Tech™, sepatu RENS memiliki membran berlapis kopi yang kedap air untuk menjaga kaki penggunanya agar tetap kering saat dipakai melewati genangan air hujan dan memungkinkan udara untuk melewatinya dengan mudah sambil mempertahankan perlindungan 100% dari penetrasi air.

RENS, Sepatu Tahan Air dari Pahitnya Kopi. Foto : Rens Via Indiegogo

Karena terbuat dari kopi, sifat antibakteri alami kopi juga membuat sepatu RENS tahan bau. Selain itu sepatu RENS menawarkan beberapa fitur lainnya seperti anti-slip, tahan terhadap sinar UV dan bobotnya yang ringan. Masing-masing pasangan sepatu memiliki berat hanya satu pound.

Dengan mengusung desain slip-on, sepatu ini mudah dilepas dan dipakai oleh penggunanya dan dapat dikenakan dengan atau tanpa kaus kaki.

Ramah Lingkungan

Co-founder Son Chu menjelaskan, “Jesse dan saya sama-sama sneakerhead muda yang juga peduli tentang asal-usul dan dampak sepatu yang kita kenakan. Rasanya tidak ada yang membuat pilihan ramah lingkungan untuk kami – untuk generasi kami. Jadi, kami memutuskan untuk membuatnya sendiri. ”

Sepatu RENS memiliki semua manfaat dari sepatu yang luar biasa sekaligus mengurangi jumlah sampah plastik dan sampah organik penghasil metana di tempat pembuangan sampah.

Sepatu RENS saat ini masih didanai secara penuh melalui kampanye Kickstarter. Untuk setiap pasang sepatu RENS dijual mulai dari $89 dan sudah tersedia di Indiegogo untuk dipesan.

Sumber:
https://www.greeners.co/gaya-hidup/rens-sepatu-tahan-air-dari-pahitnya-kopi/

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]