× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Reklamasi Tambang dan Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Mifa Bersaudara Tanam Ratusan Pohon di Meulaboh

By Redaksi

PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui anak usahanya
PT Mifa Bersaudara (Mifa) melakukan aksi peduli lingkungan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. PT Mifa merupakan operator tambang batubara di Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diprakarsai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini pada 2019 mengangkat tema Beat Air Pollution (menihilkan polusi udara). Mifa memperingatinya dengan melakukan penanaman 650 pohon di areal tambang. Kegiatan penanaman pohon dan acara lainnya dilaksanakan mulai 15 Juni lalu dan berakhir pada 29 Juni kemarin. Aksi ini diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh.

“Kami sangat bangga menjadi bagian aksi dunia untuk melestarikan lingkungan hidup dengan melakukan penanaman pohon kembali di areal tambang. Areal ini telah direklamasi selama dua tahun belakangan. Kampanye ini sebagai komitmen kami terhadap lingkungan dengan melakukan aktivitas pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh,” ujar Environment Superintendent PT Mifa, Aswan Dewangga di Meulaboh, Jumat (28/6/19).

Aswan yang juga menjadi Ketua Panitia Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di lingkungan Mifa mengatakan, kegiatan bagi-bagi pohon ini adalah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan mengurangi polusi udara. Alhasil, semboyan “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dapat terwujud dengan nyata.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk memberikan gambaran kepada kontraktor lokal bahwa tingkat keberhasilan reklamasi Mifa sudah cukup baik. Saat ini areal tambang yang telah direklamasi selama dua tahun telah memiliki pohon dengan tinggi sekitar 4-5 meter. “Dengan pertumbuhan pohon di areal tambang berarti meningkatkan produksi oksigen dan dapat mengurangi efek emisi gas rumah kaca,” tambah Aswan.

Selain melakukan penanaman pohon, rangkaian acara lainnya antara lain melakukan Enviro Run-FunBike yang telah dilakukan pada Minggu (23/6). Aswan menjelaskan, kegiatan seperti bersepeda bersama di wilayah operasi Mifa masih jarang dilakukan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer.

Uniknya dalam kegiatan bersepeda santai ini, para peserta yang berjumlah 120 orang turut membagikan bibit tanaman buah di sepanjang rute yang dilalui. Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 bibit, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya.

Selain menggelar beraneka kegiatan fisik, Mifa juga menggelar aneka perlombaan berwawasan lingkungan. Mulai dari lomba housekeeping, lomba poster, lomba fotografi, hingga lomba kreasi daur ulang sampah plastik. Dengan melakukan kreasi daur ulang sampah plastik berarti sekaligus melakukan edukasi agar semakin peduli pada limbah plastik yang dimulai dari lingkup terkecil yakni area kerja.

Rangkaian acara akan ditutup dengan upacara Peringatan Hari Lingkungan yang akan dilangsungkan pada Sabtu, 29 Juni 2019 di areal tambang. Mifa pun akan mengundang beberapa perwakilan Pemerintah beserta pemangku kepentingan lainnya.

Keywords:

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]