× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Refleksi Hari Bumi, Walhi: Program Lingkungan Harus Menjadi Prioritas

By Redaksi

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menilai lingkungan hidup akan makin terancam jika kebijakan tidak berpihak. Di Jawa Barat, bencana lingkungan hidup tiap tahun angkanya meningkat. Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jabar masih menjadi pembuangan limbah industri dan sampah. Hal itu merupakan persoalan penting selain soal alih fungsi lahan baik kawasan hutan maupun non kawasan hutan.

Demikian refleksi Hari Bumi yang disampaikan Walhi. Menurut Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan, pihaknya telah memberikan masukan pada pemerintah melalui RPJDM 2018-2023 meski tidak keseluruhannya diakomodir. Namun mereka berharap kepada legislator yang terpilih untuk terus mengawasi jalannya kebijakan dengan prioritas penanganan lingkungan hidup.

Seperti dikutip Pikiran Rakyat, Dadan mengatakan, melihat kondisi lingkungan Jabar terkini, ancaman lingkungan ke depan semakin besar. Salah satunya adalah kebijakan ESDM yang mengeluarkan wilayah pertambangan Jawa-Bali. Ekspansi tersebut berpotensi memandulkan fungsi Jawa Barat Selatan sebagai lumbung air dengan kawasan hutan dan resapannya.

Hal lain yang disoroti Walhi dalam refleksi Hari Bumi adalah pembangunan PLTU yang menggunakan bahan bakar batu bara. Pencemaran udara yang ditimbulkan akan berpengaruh terhadap perubahan iklim secara global. Menurut Dadan, berdasarkan data Lapan, emisi gas rumah kaca terbesar masih dari industri, dengan peringkat terbesar adalah industri PLTU, manufaktur, dan transportasi.

Dadan menyebutkan, Dinas Lingkungan Hidup telah memiliki program terkait perbaikan iklim, sampah, dan limbah. Namun menurutnya tak ada terobosan, hanya program rutin seperti tahun-tahun sebelumnya. Padahal yang dibutuhkan adalah terobosan yang lebih antisipatif yang perlu dibuat oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Kenapa kita kawal RPJMD? Agar lima tahun ke depan pencemaran dan pemulihan lingkungan di Jabar jadi prioritas. Kita sudah sampaikan, masalahnya tidak semua konsep program yang kita dorong diakomodir. Kita telah gagal mengawal RPJMD provinsi untuk menjadikan lingkungan sebagai prioritas Jabar,” ucap Dadan. Meski demikian Dadan berharap dengan terpilihnya legislator baru mendukung percepatan pemulihan kondisi lingkungan di Jawa Barat. Dalam dalam agenda tahunan dapat menjadikan isu lingkungan sebagai prioritas dalam RKPD. 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]