× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

PZ Cussons Indonesia Luncurkan Sustainability Inisiatif “Small Step Big Impact”

By Redaksi
Dimitris Kostianis - Managing Director PZ Cussons Asia (atas) bersama Edo Yudhistira - Head of Digital Development and Communication PT Bank DKI (kiri bawah) dan Ali Sadikin - Ketua Harian Kick Andy Foundation (kanan bawah) memperlihatkan plakat kerja sama program inisiatif berkelanjutan Small Step Big Impact antara PZ Cussons dengan JakOne Artri Bank DKI dan Kick Andy Foundatin, pada Rabu (25/8/2021).

MajalahCSR.id – PZ Cussons Indonesia, Rabu (25/8/2021) meluncurkan Sustainability Initiatif “Small Step Big Impact” atau Langkah kecil untuk Kebaikan Masa Depan. Sebuah program inisiatif berkelanjutan sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.Program ini mengajak masyarakat untuk mulai membuat perubahan melalui langkah-langkah kecil dan positif sejak usia dini. Melalui langkah kecil tersebut, diharapkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan akan memberikan keberlangsungan kehidupan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

“PZ Cussons percaya bahwa bisnis dapat menjadi kekuatan untuk memberi perubahan positif. Kami memahami bahwa kegiatan bisnis bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat oleh karena itu, kami meluncurkan Inisiatif Keberlanjutan: Small Step Big Impact for a Better Future atau Langkah Kecil yang Memberi Manfaat Besar,  untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Kegiatan ini fokus pada tiga bidang yaitu; Pendidikan, Kebersihan dan Kepedulian terhadap Penggunaan Plastik untuk masyarakat di Indonesia,” ujar Managing Director PZ Cussons Asia, Dimitris Kostianis.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, Dan Kebudayaan Kementerian PPN / Bappenas, Subandi, menyambut baik PZ Cussons sustainability initiative, Small Step Big Impact ini. Bappenas sebagai pelaksana pemerintah yang ditunjuk oleh Presiden menyoroti 17 Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk tumbuh sejahtera.

“Apa yang dilakukan PZ Cussons dengan meluncurkan Small Step Big Impact ini sejalan dengan berbagai tujuan SDGs pemerintah dan kami siap memfasilitasi dan mendukung kegiatan ini. Inisiatif dan partnership seperti ini juga harus digaungkan agar dunia usaha lain bisa meniru dan bersama pemerintah, media, serta masyarakat mendukung keberhasilan SDGs,” ujarnya dalam Konferensi Pers PZ Cussons Small Step Big Impact, Rabu (25/08/2021).

Bersamaan dengan peluncuran inisiatif ini, PZ Cussons juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kick Andy Foundation untuk bidang edukasi dan JakOne Artri untuk pengelolaan sampah plastik di masyarakat sekitar.

Komitmen PZ Cussons untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Corporate Communication PZ Cussons Indonesia, Elly Mustrianita menambahkan, PZ Cussons terus mendukung Pendidikan Anak Usia Dini dengan menggandeng partner yang mempunyai visi dan misi yang sama seperti Kick Andy Foundation. Lewat merek Cussons Baby dan Cussons Kids, bersama kami memfasilitasi implementasi program pelatihan untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan juga memberikan donasi untuk menunjang pendidikan anak.

Selain itu, sejak tahun 2012, melalui kegiatan Cussons Bintang Kecil (CBK), telah menebar inspirasi bagi anak-anak Indonesia di lebih dari 500 sekolah dengan memberikan edukasi tentang kebersihan dan pengembangan diri pada anak-anak lewat berbagai lomba kompetensi.

Dukungan di Masa Pandemi

Berkaitan dengan Hand Hygiene, PZ Cussons juga aktif dalam upaya perlindungan kesehatan masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19. Melalui gerakan #CarexforIndonesia dari salah satu merek kebersihan tangan, Carex bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia menyediakan 100.000 personal health kit bagi penumpang Garuda Indonesia. Selain itu, bersama Baznas dan Dompet Dhuafa memberikan donasi 55.000 hand sanitizer ke beberapa daerah di Indonesia yang minim akses pelayanan kesehatan.

Menjaga Kesinambungan Lingkungan

PZ Cussons bekerja sama dengan PT Bank DKI melalui aplikasi Bank DKI JakOne Artri untuk mendukung pengelolaan sampah yang ada di komunitas. Aplikasi dari Bank DKI JakOne Artri menyediakan sistem monitoring sampah plastik di beberapa bank sampah, baik itu pengepul sampah maupun pengusaha sampah. Dengan ambil bagian dalam aplikasi ini, PZ Cussons juga mengedukasi dan memotivasi konsumen tentang nilai guna kemasan yang sudah tidak terpakai.  Kini, konsumen bisa mengetahui nilai ekonomis dari kemasan produk PZ Cussons yang sudah mereka gunakan.

“Kerja sama dengan Jakone Artri ini merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan perusahaan sebagai komitmen kami menjaga kesinambungan lingkungan. Sebagai perusahaan yang dikenal dengan beragam produk bayi melalui lini produk Cussons Baby, langkah pengurangan plastik sudah kami lakukan. Hal ini berkaitan dengan semangat untuk memulai edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan dan komunitas pada usia dini, melalui langkah-langkah sederhana seperti pemilihan produk yang lebih ramah lingkungan. Pilah pilah sampah untuk masa depan yang lebih baik” jelas Head of Asia BD Marketing PZ Cussons Indonesia, Riza Rahman.

PT Bank DKI dan Kick Andy Foundation menyambut baik kerja sama dengan PZ Cussons dan menilai ketiga inisiatif dalam Small Step Big Impact sejalan juga dengan visi-misi mereka.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya menyampaikan melalui aplikasi JakOne Artri, diharapkan para nasabah dan masyarakat dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi melalui aktifitas R3 (reduce, reuse, dan recycle) serta didukung dengan aplikasi yang modern. “Dengan adanya kolaborasi ini, kami harap, masyarakat bisa lebih tergerak untuk ikut mendukung gerakan sadar sampah sambil mendapatkan nilai tambah ekonomi secara digital” ujar  Herry.

Andy F. Noya, Founder Kick Andy Foundation menambahkan, dukungan PZ Cussons selama ini sangat memberikan manfaat terhadap pendidikan dan tumbuh kembang anak-anak usia dini, termasuk anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di masa pandemi. “Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut dan menjangkau semakin banyak anak di Indonesia,” ujar Andy dalam pesan tertulisnya.  

PZ Cussons berharap inovasi-inovasi dan langkah-langkah yang telah berjalan dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan dapatmenginspirasi generasi-generasi penerus. Jadi, mari kita mulai melakukan langkah kecil bersama untuk mewujudkan lingkungan dan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]