× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Punya Proposal Sustainable Tourism, Ayo Gabung Ke Booking.com

By Redaksi
Dok. Booking.com

Jakarta – Majalahcsr. Sektor pariwisata saat ini menjadi magnet bagi suatu daerah dalam mengembangkan perekonomiannya. Jika suatu daerah wisata dikelola dengan baik, potensial untuk menjadi industri pariwisata berkelanjutan terbuka dengan lebar.

Selain mengelola daerah wisatanya, promosi daerah tersebut juga penting agar orang mengetahui dan tertarik untuk datang. Dalam membantu wisatawan menjelajahi dan menikmati lebih dari 120.000 destinasi unik di seluruh dunia, Booking.com juga berupaya tingkatkan kontribusi pada kelestarian destinasi tersebut sehingga generasi mendatang dapat terus menikmatinya selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sebelumnya, yaitu tahun 2017 Booking.com, salah satu perusahaan e-commerce dan pemimpin teknologi digital terbesar di dunia, sukses menggelar Booking Booster Programme. Dengan kesuksesan tersebut, program ini digelar lagi pada 2018.

Program ini, yaitu Booking Booster, Booking Booster Labs dan Booking Cares Fund akan digelar selama tiga minggu di Amsterdam untuk meningkatkan skala social enterprise di bidang pariwisata berkelanjutan serta memberikan dampak positif secara global.

Selain dana sebesar 2 juta euro yang diberikan melalui Booking Booster, Booking.com ingin lebih meningkatkan upaya dalam mendukung organisasi dan individu di industri pariwisata berkelanjutan yang lebih luas melalui dua inisiatif tambahan dengan total dana yang dikucurkan lebih dari 4 juta euro yang akan tersedia pada tahun 2018.

Program yang pertama adalah Booster Labs yaitu serangkaian program singkat akhir pekan dengan fokus regional untuk dijadwalkan berjalan secara global sepanjang tahun 2018 yang akan memberikan wawasan, sarana, dan keterampilan bagi startup tahap awal di sektor pariwisata berkelanjutan sehingga mereka dapat bertumbuh dan meningkatkan dampak baik untuk masyarakat.

Inisiatif yang kedua adalah Booking Cares Fund yang merupakan program hibah terpisah sebesar 2 juta euro guna mendukung para pembuat perubahan di sektor pariwisata berkelanjutan (non-profit changemakers) mencari solusi baru untuk memperkuat masyarakat setempat, melestarikan dan mempromosikan budaya, melindungi sumber daya alam dan menyebarkan kegiatan pariwisata agar lebih merata.

Dok. Booking.com

“Booking Booster, Booking Booster Labs terbaru dan Booking Cares Fund kami, semuanya dirancang khusus untuk mendukung pemain kunci dan inovatif di beragam sektor di seluruh ekosistem pariwisata berkelanjutan,” ujar CEO Booking.com, Gillian Tans, senin (18/12).

Dalam program ini, perusahaan mengidentifikasi, mendanai, melatih, dan mempertemukan startup, meningkatkan skala social enterprises, proyek-proyek nirlaba dan para pembuat perubahan dari universitas, pemerintah, serta LSM, sehingga dapat membantu mewujudkan dampak yang lebih berarti. Pemberdayaan masyarakat dan organisasi bisa membuat perubahan nyata demi masa depan yang sehat dan berkelanjutan bagi ribuan destinasi di seluruh dunia.

 

PROGRAM

 

Booking Booster:  Program akselerator untuk meningkatkan skala social enterprise

Terkait Booking Booster Programe 2018, Booking.com akan memilih dan mengundang sekelompok kecil social enterprises di sektor pariwisata berkelanjutan yang telah menyusun rencana bisnis mereka untuk program akselerator selama tiga minggu di Amsterdam pada bulan Mei 2018.

Program ini terdiri dari serangkaian kelas, lokakarya, dan sesi pelatihan langsung yang berpuncak pada pitch akhir untuk menerima hingga 500 ribu euro dari dana Booking.com sebesar 2 juta euro dalam rangka membantu mendukung tahap berikutnya. Seluruh social enterprises yang terlibat juga akan menerima pendampingan dan pembinaan selama beberapa bulan dari para ahli di Booking.com, serta kesempatan dan akses untuk berkolaborasi langsung dengan Booking.com mengenai inisiatif dan eksperimen terkait inovasi untuk membantu mempercepat pertumbuhan mereka di masa depan.

Pendaftaran telah dibuka sejak 4 Desember 2017. Kunjungi Booking Booster di situs web Booking Cares untuk lebih jelas.

 

Booster Labs: Program akhir pekan untuk para startup tahap awal

Guna membantu mengembangkan startup di sektor pariwisata berkelanjutan pada tahap perkembangan mereka yang paling awal, Booking.com memperkenalkan Booster Labs yang akan memberikan wawasan, sarana, dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk bertumbuh dan meningkatkan dampak bagi masyarakat.

Selama akhir pekan, 10 – 15 kelompok startup terpilih akan berpartisipasi dalam lokakarya dan kelas pembinaan yang dipandu oleh para ahli di bidang startup dan pariwisata berkelanjutan. Mereka juga akan dibina oleh mentor Booking.com untuk memberikan bimbingan serta dukungan saat mereka menjelajahi peluang pertumbuhan untuk bisnis mereka.

Program akhir pekan ini berakhir dengan penawaran peta jalan yang diajukan setiap peserta startup kepada juri yang merupakan pakar industri untuk memenangkan dana hibah antara 10.000 euro hingga 25.000 euro dari dana terpisah yang khusus disiapkan untuk Booster Labs.

Booster Lab yang pertama baru saja berlangsung di Barcelona dan selanjutnya akan berlangsung di Tel Aviv mulai 1 – 3 Maret 2018 dimana pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 11 Desember lalu. Kunjungi Booster Labs di situs web Booking.com Cares untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan tenggat waktu pendaftaran yang akan datang untuk program akhir pekan startup tambahan yang direncanakan di Amerika Serikat dan Asia pada musim panas 2018 mendatang.

 

Booking Cares Fund: Program dana hibah untuk pembuat perubahan nirlaba

Dengan adanya Booking Cares Fund sebanyak 2 juta euro ini, Booking.com juga ingin memberikan dukungan kepada para inovator di kalangan aktivis nirlaba yang bersemangat untuk menciptakan perubahan dalam industri pariwisata.

Booking.com mencari individu yang berasal dari berbagai latar belakang lembaga nirlaba, termasuk pendidikan tinggi, pemerintah, dan LSM yang memiliki proyek-proyek inovatif yang dapat didukung oleh Booking.com. Pemimpin dengan gagasan berani dan ambisius untuk sungguh-sungguh mengubah industri pariwisata berkelanjutan akan diberikan dana hibah sebesar 100 hingga 250.000 euro berdasarkan aplikasi mereka. Peserta akan dinilai berdasarkan potensi proyek untuk menghasilkan perubahan yang berarti yang dapat diukur. Proyek harus didukung oleh data dan dapat membuahkan hasil yang terukur.

Pendaftaran untuk Booking Cares Fund telah dibuka sejak 4 Desember 2017. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Booking Cares Fund di situs Booking.com.

Booking Booster, Booster Labs terbaru dan Booking Cares Fund duduk berdampingan dengan program relawan internal Booking.com yakni Booking Cares, dimana para karyawan telah lama bermitra dengan organisasi lokal untuk proyek yang membantu meningkatkan destinasi di seluruh dunia. Inisatif ini bersama-sama membentuk dan memperluas komitmen Booking Cares.

 

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]