× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

PT PAL Bangun Kapal Rumah Sakit Pertama di Indonesia

By Redaksi
PT PAL Bangun RS Kapal - Kompas

Akhirnya Indonesia memproduksi kapal rumah sakit sendiri. Perusahaan plat merah PT PAL Indonesia, dilaporkan mulai membangun rumah sakit kapal dengan panjang 124 meter. Kapal tersebut merupakan pesanan TNI Angkatan Laut.

Pemotongan baja pertama atau first steel cutting pada Selasa (9/7/2019) menandai proses awal fabrikasi, disaksikan langsung oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Muda TNI Moelyanto.

Lebih detilnya, Direktur Pembangunan Kapal PT PAL Indonesia, Turitan Indaryo, seperti dikutip Kompas menyebutkan, kapal rumah sakit tersebut rencananya dibangun dengan panjang 124 meter, lebar 22 meter, tinggi 6,8 meter, dan bobot 7.300 ton. “Selain sebagai rumah sakit, oleh TNI AL, kapal akan difungsikan untuk bantuan kemanusiaan, bencana alam, transportasi logistik, pencarian dan penyelamatan serta evakuasi massal, di Indonesia kapal seperti ini memang harus ada,” katanya.

Kapal rumah sakit dengan nomor pembangunan W000302 itu rencananya dilengkapi sejumlah fasilitas seperti poliklinik, unit gawat darurat, fasilitas operasi, rawat inap dan fasilitas kesehatan lainnya. Agendanya, pembangunan kapal ini akan tuntas pada Oktober 2021.

Sumber : Kompas

Keywords:

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]