banner
Dok. Kemsos
Berita

PSBL Phala Martha Rujuk 26 ODGJ Terlantar untuk Dirawat

1035 views

Sukabumi – Majalahcsr. Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha Sukabumi bekerja sama dengan RS Marzoeki Mahdi Bogor kembali memberikan perawatan medis bagi 26 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terlantar, selasa (23/1). Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, PSBL Phala Martha merujuk 19 ODGJ yang telah mendapatkan perawatan medis di RS Marzoeki Mahdi untuk diserahkan kembali kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Aura Welas Asih.

LKS Aura Welas Asih ini merupakan lembaga sosial yang didirikan oleh masyarakat untuk merawat dan mengasuh penderita gangguan mental, gangguan jiwa, orang tua dan lanjut usia terlantar. Kementerian Sosial dalam hal ini Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas sangat mengapresiasi atas kinerja LKS tersebut. Sehubungan dengan hal itu, Senin, 22 Januari 2018 Kementerian Sosial memberikan tali asih berupa sembako kepada LKS Aura Welas Asih Sukabumi.

Bantuan sembako tersebut diserahkan Kepala PSBL Phala Martha, Neni Riawati kepada ketua LKS, Denny Solang. Neni menyatakan bahwa bantuan sembako merupakan wujud perhatian Kemensos kepada LKS Aura Welas Asih, yang telah membantu pemerintah dalam merehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental. Lebih lanjut Neni menambahkan Kemensos akan mengupayakan pemberian bantuan permakanan bagi ODGJ yang berada di LKS tersebut.

Selain itu pada tahun 2018 ini PSBL Phala Martha Sukabumi sebagai salah satu UPT kemensos akan mengadakan kegiatan penjangkauan home care kepada LKS Aura Welas Asih melalui pendampingan dan pemberdayaan keterampilan ODGJ dalam bingkai rehabilitasi sosial bagi ODGJ. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan rapat koordinasi dengan beberapa instansi terkait guna membahas penanganan dan pelayanan kesehatan jiwa di wilayah Provinsi Jawa Barat khususnya upaya pemenuhan kebutuhan khusus berupa pelayanan kesehatan jiwa bagi orang dengan gangguan jiwa yang berada di LKS Aura Welas Asih agar dapat menjalankan fungsi sosialnya.

banner