× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Program Bantuan WASH dan Pertanian Dari Bayer Untuk Sulawesi Tengah

By Redaksi
Dok. Bayer

Jakarta – Majalahcsr. Dampak setelah bencana adalah yang terberat bagi para korban. Selain kehilangan materi, keluarga, mereka juga kehilangan mata pencahariannya.

Seperti bencana di Sulawesi, 60% mata pencaharian dari masyarakatnya adalah bertani. Namun yang paling darurat saat ini adalah sektor kesehatan untuk pengadaan air bersih, fasilitas sanitasi, perlengkapan kebersihan, serta pendistribusian makanan darurat dan dukungan logistik pelayanan kesehatan.

Untuk itu Bayer selaku perusahaan global dengan kompetensi di bidang kesehatan dan pertanian memberikan bantuan dengan cara dua tahap. Tahap pertama bantuan materi sebesar Rp2 miliar untuk bantuan darurat di sektor kesehatan selama 3 bulan, dan bantuan kedua berupa pemulihan ekonomi masyarakat jangka menengah yang akan dimulai pada bulan Januari 2019 dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

Dok. Bayer

“Program bantuan bencana perusahaan untuk Sulawesi Tengah ini kami bagi dalam dua tahapan prioritas. Tahap awal berupa dukungan sebesar Rp 2 milliar untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan, sedangkan pada tahap berikutnya adalah untuk membantu upaya pemulihan ekonomi masyarakat di sektor pertanian,” ujar Presiden Direktur Bayer Indonesia, Angel Michael Evangelista, Rabu (17/10).

Apa yang dilakukan Bayer ini berdasarkan masukan dari Mercy Corp Indonesia sebagai mitra strategis Bayer dalam pendistribusian bantuan ini. Assesment yang dilakukan Joint Needs Assesment (JNA) bersama anggotanya termasuk Mercy Corp memberikan masukan bahwa yang harus dilakukan adalah tanggap bencana awal, dan pemulihan ekonomi.

Hasil assesment dishare kepada semua anggota agar tidak ada duplikasi program, serta pemerataan bantuan pada lokasi bencana.

Sebelumnya masyarakat menggunakan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memenuhi kebutuhannya. “Namun saat ini pasokan PDAM hanya bisa memenuhi 50% dari pasokan awal,” ujar Andi Ikhwan dari Mercy Corp.

Di sisi lain, fasilitas kakus masyarakat setelah bencana hilang, sehingga mereka menggunakan sungai sebagai sarana kakus terbesar. Bisa disimpulkan bahwa selain menjadi sarana kakus, sungai juga menjadi sumber pasokan air yang bisa memicu timbulnya penyakit seperti kolera, disentri dan malaria yang bisa menjadi ancaman serius bagi para pengungsi.

Selain bantuan dana dari perusahaan. Bayer juga meluncurkan “Dana Solidaritas Karyawan Bayer” sebagai wadah menampung inistiatif swadaya para karyawan untuk berdonasi. Karyawan Bayer dari Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, Mexico, Basel (Swiss) dan Lyon (Prancis) beramai-ramai mengumpulkan donasinya.

Dok. Bayer

Khusus untuk ASEAN, manajemen Bayer ASEAN akan menggandakan nilai donasi karyawan (dengan besaran maksimum EUR 10.000 atau setara dengan Rp 176 juta). Keseluruhan donasi karyawan dan program penggandaan (corporate matching fund) tersebut akan diserahkan kepada Yayasan Mercy Corps Indonesia untuk dialokasikan dalam dukungan program di tahap kedua.

Memberikan bantuan bencana merupakan bagian dari komitmen sosial Bayer. Perusahaan menjalankan dua strategi guna membantu masyarakat yang mengalami kesulitan: ketika bencana melanda, Bayer menyediakan bantuan segera – baik berupa donasi uang dan obat-obatan, ataupun bantuan material. Setelah itu, membantu proyek pemulihan jangka panjang.

Pada 2018, sekitar EUR 224.000 atau Rp 3,9 miliar telah disediakan untuk membantu korban banjir di Tiongkok dan India. Juga, pada 2017, perusahaan telah menyalurkan donasi berupa uang, obat-obatan dan berbagai produk bernilai EUR 1,3 juta atau Rp 22,9 miliar kepada 12 program bantuan kemanusiaan.

Keywords: , ,

Coba saja tanya soal film, obrolan pria berkacamata ini sulit berhenti. Sudah puluhan karya berkualitas ia hasilkan demi kemajuan industri perfilman nasional. Peran yang digelutinya pun bermacam, mulai dari penulis skenario, sutradara, hingga produser. Beragam penghargaan film sudah digenggam hasil dari kerja keras, dan pengakuan atas prestasi serta dedikasi. Pria yang akrab disebut Aris lahir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]