× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Produk Pegangan Furnitur ini Terbuat dari Biji Rami

By Redaksi
Produk furnitur pegangan atau handle dari Schwinn Hardware yang terbuat dari biji rami. Foto : Schwinn Hardware via Inhabitat

MajalahCSR.id – Meminimalisasi sampah dengan mendaur ulang adalah sebagian cara yang bisa dilakukan perusahaan terkait isu keberlanjutan. Kegiatan ini juga dilakukan perusahaan furnitur Schwinn Hardware yang biasa memproduksi perlengkapan untuk lemari. Melalui ide inovatifnya, mereka berhasil mendesain pegangan unik yang disebut Vegan by Design.

Mengutip dari Inhabitat, perkakas ini menawarkan keunikkan karena terbuat dari sisa linoleum furnitur. Linoleum, merujuk Wikipedia, adalah bahan pelapis lantai (karpet) yang terbuat dari minyak biji rami dicampur dengan bubuk kayu atau serbuk gabus dan kain berserat kuat atau kanvas. Material ini bisa disebut alami dan berkelanjutan karena berasal dari biji rami (linseed/flaxseed). Selain itu, bahan ini juga dikenal tahan lama, antimikroba alami, dan sifatnya non alergi. Selanjutnya, mudah terurai dan tak menimbulkan zat berbahaya ke udara saat terurai. 

“Desain yang kuat dan bermanfaat adalah prioritas Schwinn Hardware, yang mana sejalan dengan aspek keberlanjutan,” jelas Ulrich Hauser, CEO Schwinn Hardware. “Koleksi Vegan by Design menggabungkan beberapa prinsip penting desain, bahwa desain itu harus inovatif, bermanfaat, dan ramah lingkungan.”

Perusahaan, lanjut Hauser, mendapat masukan dari para desainer dan arsitek yang sangat tertarik dengan produk non racun, anti alergi, antimikroba alami, serta proses produksi yang mengadopsi kelestarian. “Semua elemen itu ada di koleksi kami ini yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain interior dan arsitektural,” jelasnya. 

Koleksi Vegan by Design termasuk untuk pegangan cabinet yang terdiri dari enam warna dan pilihan lempengan yang jkeseluruhannya ada 12 opsi.

Merujuk keterangan perusahaan, komposisi dari linoleum furniture yang digunakan dalam Vegan by Design terdiri dari:

Material pengikat : minyak linseed (biji rami) (24%), getah damar (1%) yang berasal dari  pohon pinus dan resin (5%) yang diambil dari minyak resin hidrokarbon.

Material bahan : bubuk kayu (27,5%) dari limbah industri kayu, dan kalsium karbonat (14%) dari ubin dan batu kapur.

Pewarna : memiliki kandungan 4% yang berasal dari bahan titanium dioksida dan oksida besi.

Bahan tambahan : sebanyak 23,5% kertas fiberglass yang terbuat dari serat selulosa alami.    

Pengilap : yang komposisinya 1% dan  berasal dari  akrilik berbahan dasar air.

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]