× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Pertamina Salurkan Pinjaman Dana UMKM di Balikpapan

By Redaksi
Pertamina Gulirkan Dana Rp 1 Milyar ke UMKM Balikpapan. Foto : Istimewa

Dukungan PT Pertamina MOR VI Balikpapan untuk kemajuan UMKM terus dilakukan. Pertamina  mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara melalui Program Kemitraan Pertamina.

Dalam acara penandatangan kerja sama di kantor Pertamina Balikpapan, juga dilakukan akad kredit penyaluran program kemitraan. Acara serah terima dibuka oleh Region Manager Communication, Relation, CSR Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza.

Pertamina Gulirkan Dana Rp 1 Milyar ke UMKM Balikpapan. Foto : Istimewa

Pertamina menyalurkan program kemitraan untuk UKM sebesar Rp 1.040.000.000 kepada 19 orang mitra binaan. Mulai dari pelaku UKM bidang perdagangan, peternakan, jasa hingga industri. Salah satu pelaku UKM yg menerima pinjaman modal usaha adalah mitra binaan yang sudah berjalan pinjaman kedua. Untuk penyaluran program kemitraan Pertamina sendiri, mitra binaan bisa mengajukan pinjaman sebanyak 3 periode pinjaman.

Nilai dana penyaluran yang terbesar mencapai Rp 150.000.000 dan yang paling kecil Rp 10.000.000. Besaran penyaluran dilihat dari berbagai aspek penilaian, mulai dari jenis usaha hingga jenis jaminan yang diagunkan. Untuk tahun 2020 sendiri hingga saat ini sudah terjaring 19 mitra binaan.

Pertamina Marketing Operation Region Kalimantan sendiri menargetkan hingga lebih dari 200 pelaku UKM se- Kalimantan dapat bergabung menjadi UKM mitra binaan Pertamina. Keunggulan yang diperoleh dengan menjadi mitra binaan UKM Pertamina adalah jasa administrasi yang relatif kecil hanya sebesar 3% saldo menurun setiap tahun periode dan benefit pembinaan yang dapat diperoleh mitra binaan Pertamina seperti kesempatan pameran dan pelatihan.

ÔÇťProgram Kemitraan Pertamina adalah bentuk pinjaman bergulir untuk UKM dengan syarat memiliki agunan bertujuan untuk peningkatan kapasitas pelaku ukm dengan jasa administrasi yang relatif ringan hanya 3 persen dibandingkan pinjaman ukm yang lain,ÔÇŁ terang Roberth Marchelino Verieza dalam keterangan tertulisnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]